Cara Menjaga Kondisi Kendaraan Agar Selalu Prima

Cara Menjaga Kondisi Mobil yang baik

Kendaraan merupakan suatu alat transportasi yang sangat dibutuhkan banyak orang. Mungkin dahulu kendaraan belum begitu penting karena memang harganya yang sangat mahal sehingga hanya dimiliki oleh golongan kerajaan, pemerintahan ataupun orang-orang kaya saja. Berbeda dengan sekarang, jaman yang semuanya telah canggih. Kemajuan teknologilah yang menyebabkan semuanya berubah seiring dengan perkembangan jaman. Sama halnya dengan kendaraan, sampai saat ini kendaraan khususnya kendaraan bermotor banyak digunakan di masyarakat. Kendaraan saat ini memang beraneka ragam misalnya mobil, motor, bus dan lain sebagainya. Itu semua hanya sebagian kecil kendaraan darat, belum lagi ada yang udara dan laut. Itu semua diciptakan untuk mendukung kehidupan atau memudahkan kehidupan masyarakat. Dengan adanya kendaraan ini masyarakat sangat dimanjakan. Mengapa? Karena dengan kendaraan walaupun hanya ke suatu tempat yang dekat dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki, seseorang memilki untuk menggunakan sepeda motor.

Keberhasilan adanya kendaraan khususnya motor dan mobil ini dapat dilihat di suatu kota di Indonesia khususnya Jakarta. Dapat dilihat bahwa hampir semua jalan di Jakarta selalu terlihat sepeda motor yang berlalu lalang hingga menyebabkan kemacetan yang luar biasanya. Dengan adanya kendaraan yang ada supaya kendaraan tersebut tidak cepat rusak maka harus ada penanganan khusus yang dilakukan pemilik tersebut dengan kendaraannya.

Kondisi kendaraan saat akan digunakan harus benar-benar dalam kondisi prima karena ini untuk meminimalisir hal buruk yang akan terjadi kedepannya. Maka dari itu, inilah beberapa cara yang perlu dilakukan seorang pemilik untuk kendaraannya khususnya mobil dan motor yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat.

Baca Juga: Sebelum membeli asuransi mobil, Anda perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini

1. Gunakan kendaraan dengan benar

Maksud dari ini ialah sebagai pemilik yang baik Anda harus menggunakan kendaraan Anda dengan baik juga. Jangan sampai Anda menyesal karena telah melecerkan atau bahkan menabrakkan mobil atau motor Anda. Jadi, gunakanlah kendaraan tersebut sebagaimana mestinya dan jangan sampai membuat kendaraan Anda rusak.

2. Mencuci kendaraan tersebut

Hal yang paling penting ialah mencuci kendaraan. Biasanya seorang anak muda sering menghiraukan akan kebersihan kendaraannya. Padahal jika Anda tau, motor atau mobil juga dapat rusak jika jarang dibersihkan. Dengan ini membuktikan bahwa kendaraan juga harus dibersihkan untuk menjaganya agar tetap prima dan pastinya supaya awet.

Baca Juga: Mobil Keren Ala Anak Muda 2018

3. Rutin mengganti oli

Untuk penggantian oli ini tergantung jarak yang selalu ditempuh setiap harinya. Apabila 2000 km maka oli harus segera diganti. Oli merupakan salah satu hal penting yang ada pada kendaraan. Oli diciptakan untuk mencegah kerusakan mesin atau gesekan yang terjadi.

4. Perawatan berkala

Selain semua pengecekan diatas Anda juga harus melakukan perawatan khusus secara berkala. Misalnya untuk diservice ke bengkel atau yang lainnya. Ini diperlukan untuk menjaga kendaraan Anda supaya tetap prima. Perawatan ini juga ditentukan seberapa sering motor digunakan dan apakah Anda telah merasakan rasa yang tidak enak tau beda dengan motor Anda. Jika telah merasakan hal yang berbeda dengan motor Anda, lebih baik Anda segera untuk melakukan service ke bengkel atau yang lainnya.

5. Cek semua kondisi khususnya mesin dan ban

Semua kondisi kendaraan Anda saat akan berpergian memang harus selalu di cek. Mengapa? Karena dengan itu semua Anda tidak akan merasa was-was jika akan berpergian jauh-jauh. Khusus untuk ban memang harus sangat diperhatika. Apabila Anda telah memiliki ban yang halus sebaiknya Anda segera menggantinya. Ban merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Ban yang permukaannya telah halus dapat mencelakakan seseorang terutama yang memakainya.

Inilah beberapa tips yang bias dilakukan untuk menjaga kondidi kendaraan agar selalu prima dan selalu siap untuk di gunakan.

Baca Juga: Solusi Mengendarai Mobil Matic Supaya Irit Bahan Bakar