Cara Modif Motor Drag Racing

mesin motor drag racing
Loading...

Pada umumnya untuk memiliki motor yang kencang untuk adu balap resmi maupun liar membutuhkan kecepatan yang lebih dari standartnya atau biasa di sebut modifikasi motor drag racing, dan biaya yang dikeluarkan pun untuk mendapatkan motor drag dengan kecepatan yang di inginkan sangat banyak. Biasanya cara modif motor drag racing lebih mudah jika menggunakan mesin baru atau motor baru.

Cara Modif Motor Drag Racing

Untuk menggunakan mesin bekas pakai harian kita saat membeli atau memilih mesin tersebut harus dengan matang dan seksama, maksudnya tidak salah pilih. Untuk pilihan mesin biasanya para mekanik lebih memilih baru maupun bekas menggunakan mesin atau dari motor built up Thailand bahkan Jepang yang lebih baik, tergantung tipe motor atau mesin yang akan dibangun.

Memodifikasi motor merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan dan sangat kental hubungannya dengan kaum laki-laki. Dengan memodifikasi sebuah motor mereka bisa mengembangkan dan menuangkan segala inspirasi yang dimiliki lewat motor yang dimodifikasi tersebut. Banyak orang yang membuat modifikasi dari sebuah motor drag.

Hal-hal Yang di Perhatikan untuk Modifikasi Motor Drag

Untuk melakukan modifikasi motor drag banyak yang harus diperhatikan dan harus di pilih dengan seksama agar hasil modifikasi motor drag yang diinginkan sesuai dengan kecepatan yang diharapkan. Banyak yang menilai bahwa memodifikasi motor drag lebih mahal biayanya daripada memodifikasi motor untuk Road Race, dan ini menurut saya adalah iya. Berikut ini adalah Hal-hal yang perlu di perhatikan untuk modifikasi motor drag racing.

Pemilihan Mesin

Sebisa mungkin terutama ini saat akan membeli mesin bekas pastikan dan Analisa apakah boring mesin yang akan kalian beli untuk bahan modifikasi motor drag ini bagus belum baret. Karena jika sudah baret anda harus mengeluarkan uang untuk biaya colter dan pastinya penggantian piston set.

Pengapian

Sistem pembakaran yang bagus pastinya harus memiliki pengapian yang bagus pula, biasanya untuk penggunaan di motor drag, cara memodifikasinya adalah dengan mengganti system pengapian dengan yang lebih bagus terutama untuk motor yang memiliki kapasitas volume mesin besar. Dengan memiliki pengapian mesin yang bagus akan menunjang pula hasil pembakaran yang baik dan akan membuat laju motor menjadi lebih cepat.

Noken As (Camsaft)

Untuk mendapatkan pemasukan bahan bakar,waktu timing untuk system kompresi, ukuran exhause yang diinginkan sesuai dengan perhitungan, Anda bias memodifikasinya sparepart yang satu ini. Tidah mudah lho memodif noken as ini karena memang benar benar memerlukan perhitungan yang tepat, karena jika tidak hal yang buruk akan menimpa adalah klep bengkok, stang piston bengkok, bahkan postonya sendiri bias hancur atau bolong.

Klep Piston dan Piston

Untuk mendapatkan Volume ruang bakar dan setelan intake dan exhause yang maksimal anda bias memodifikasi dua sparepart ini untuk mendapatkan cc besar dan mempunyai kompresi yang tinggi anda harus menyesuaikan ukuran piston yang akan digunakan beserta ukuran setelan klep piston yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Stroke Up/ Bor Up

Untuk mendapatkan Volume ruang bakar anda harus melakukan oversize mesin di tukang bubut biasanya bias di kerjakan, atau saat ini banyak sekali barang atau mesin bor up yang sudah di jual paketan di situs belanja online di Indonesia. Untuk melakukan stroke up ini juga tidak sembarangan, masing masing mesin memiliki ukuran tersendiri dan ada juga boring mesin tertentu yang tidak bias dilakukan bor up pada silinder boringnya.

Rangka Atau Sasis

Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih rangka atau sasis motor drag ini harus dipastikan seringan mungkin agar mengurangi beban mesin dan pastinya akan melaju dengan lebih kencang.

Kaki-kaki Motor Drag Racing

Untuk kaki-kaki biasanya yang paling menentukan adalah ukuran ban yang di perkecil untuk mengurangi gesekan ke aspal, shockbreaker yang memiliki kelenturan sesuai supaya tetap menjaga stabilitas dan velg yang menyesuaikan ukuran ban. biasanya ukuran ban motor drag racing untuk motor bebek atau besar menggunakan ukuran ban 50/90 untuk ban depan dan 60/80 untuk ban belakan.

Baca Juga: Pengaruh Knalpot Racing Terhadap Mesin Standart

Loading...

Ada beberapa cara untuk memodifikasi sebuah motor drag. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara memodifikasi motor drag untuk Mio, Ninja, dan Racing.

Cara Modif Motor Drag Mio

Motor Drag Mio

Untuk lebih membuat motor Mio Anda terlihat lebih mencolok, ubah body motor Anda dengan warna-warna yang mencolok seperti warna merah, orange, hijau, maupun biru yang berwarna menyala. Ubah mesin dari motor Mio Anda dengan kualitas mesin yang lebih tinggi dan lebih baik lagi, agar kecepatan dari motor Mio Anda menjadi semakin cepat dan bisa digunakan untuk drag.

Modifikasi juga bagian depan dari motor Mio Anda agar ketika Anda gunakan untuk drag bisa terasa lebih ringan dan cepat dalam melaju di arena drag. Pada bagian lampu, Anda bisa menambahkan beberapa lampu yang nantinya akan membuat motor Mio Anda semakin mencolok dan lebih menarik untuk dilihat, hal ini juga akan membantu Anda untuk lebih jelas dalam melihat jalan di arena drag. Pada bagian ban motor, Anda bisa menggunakan ban kecil untuk lebih mendukung tingkat kecepatan dari motor Mio yang akan Anda gunakan untuk drag.

Cara Modif Motor Drag Ninja

Gambar Motor Drag Ninja

Jika Anda memiliki motor dengan jenis Ninja dan ingin memodifikasi motor Anda tersebut untuk digunakan drag maka beberapa hal berikut mungkin bisa Anda gunakan untuk memodifikasi motor Ninja Anda. Anda bisa memasang knalpot dengan suara yang bising untuk lebih meningkatkan semangat Anda ketika berada di arena drag motor. Anda bisa juga menganti ban depan dan belakang motor Anda dengan ban yang lebih kecil untuk mempercepat laju dari motor Ninja yang Anda miliki.

Modifikasi juga pada area body motor Ninja Anda dengan menggunakan bahan yang ringan, bagus, dan tidak akan menghambat laju dari motor Ninja tersebut. Anda bisa juga menambah dan menganti spareparts dari mesin motor Ninja Anda dengan kualitas yang lebih baik, jangan lupa untuk mengecek kecocokan dari spareparts tersebut dengan motor Ninja yang Anda miliki, karena jika Anda salah memilih maka spareparts tersebut hanya akan sia-sia.

Baca Juga: Perbandingan Busi Racing dan Busi Standart

Cara Modif Motor Drag Racing

mesin motor drag racing

Jika Anda ingin memodifikasi motor Racing Anda. Terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan motor anda tersebut untuk membuatnya tampil menjadi elegan dan memiliki mesin yang berkualitas tinggi. Anda bisa mengubah tampilan dari tubuh motor Racing Anda dengan menggunakan spareparts untuk tubuh motor yang bersifat ringan dan tidak akan memberatkan ketika dijalankan untuk drag nantinya. Meskipun untuk biaya mengganti spareparts cukup mahal dan banyak menghabiskan uang, namun hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa menjadi seorang pemenang di arena drag.

Untuk bagian mesin, pilihlah mesin yang tidak mudah jebol untuk Anda pasangan pada motor Racing Anda tersebut, kualitas dari mesin motor Racing tersebut bisa Anda lihat pada bagian Boring mesin dengan adanya penjelasan yang bertuliskan (Yp1/Yp2) jika terdapat tulisan seperti itu maka mesin motor tersebut sudah terjamin kualitasnya. Namun Anda jangan sampai tertipu dengan kondisi spareparts yang Anda butuhkan untuk modifikasi motor Racing Anda. Terdapat banyak barang spareparts yang sudah diduplikat dan tidak bertanggung jawab beredar di pasaran.

Baca Juga: Cara Mudah Membedakan Karbu ORI dan KW

Loading...