Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Rusak atau Lemah

Kompresor AC
Loading...
Kompresor AC

Kompresor AC

Marahmerah.com –  Kompresor merupakan sebuah komponen utama yang terdapat pada sistem pendingin  ac mobil dan pendingin lainnya. Seperti halnya komponen lainnya seiring berjalanya waktu kompresor juga terkadang dapat rusak atau hanya sekedar lemah. Maksudnya lemah adalah penurunan daya kerja yang menyebabkan kompresor tidak mampu memberikan kompresi untuk menyalurkan sirkulasi freon pada sistem pendingin sehingga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses pendinginan.

Beberapa faktor penyebab AC mobil tidak dingin adalah kompresor AC mobil yang rusak atau sudah lemah. Sistem pendingin mobil memang sangat penting untuk kendaraan karena fungsi sistem pendingin ini sangat perbengaruh dari segi kenyamanan bahkan dari segi keselamatan.

Berikut  ini adalah Ciri-Ciri Kompresor Ac Rusak atau Lemah yang biasa di temui dan analisa sendiri sebelum membawanya kebengkel.

1. Tidak mampu mendinginkan ruangan secara maksimal

Jika suhu ruangan mulai terasa kurang dingin, selain karena kotor atau juga kurangnya freon, bisa saja hal ini disebabkan oleh kompresor yang sudah mulai lemah. Tekanan atau dorongan yang dihasilkan tidak kuat sehingga membuat hasil dingin menjadi berkurang, ini bisa dilihat dengan cara menyentuh bagian evaporator atau sentuh bagian selang yang menuju ke evaporator dari ac apakah dingin yang ei keluarkan maksimal atau tidak, dan biasanya evaporator dinginnya tidak merata.

Jika tekanan freon cukup namun ampere kompresor berlebih, ditandai dengan kurang dinginnya ac, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh press kompresor yang sudah mulai lemah, jika kompresor lemah maka tekanan yang dihasilkan untuk mensirkulasi freon ke evaporator tidak akan maksimal. Untuk menangani ini sebaiknya anda melakukan kuras freon dan isi ulang freon secukupnya, jangan terlalu banyak ataupun kurang. Dengan cara gas freon di buang sampai habis untuk kemudian di vacum ulang agar tidak ada sisa freon kemudian di isi freon kembali.

>Namun jika langkah tadi belum juga bisa mengatasi lemahnya kompresor, maka anda juga bisa mengganti oli kompresor dengan cara menguras oli lama dan mengisinya kembali dengan oli yang baru.

Cara-cara tadi biasanya dapat membantu kerja kompresor agar lebih kuat lagi. Namun jika tetap tidak bisa, kemungkinan kompresor ac memang sudah lemah atau akan rusak. Jika sudah begini maka mengganti kompresor dengan yang baru merupakan langkah paling tepat. Atau bisa juga menambahkan mengganti dengan komoresor copotan ex singapore yang sekIiranya di tes kompresinya masih bagus.

2. Berisik (Ngorok)

Kompresor lemah juga bisa dilihat dari suara yang dihasilkan, jika berisik atau biasanya bunyi ngorok “ngroook” kemungkinan kompresor ac anda sudah lemah. Ini disebabkan oleh piston yang aus atau kurang oli. Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya teknisi bengkel ac Mobil mencoba untuk menambahkan atau mengisi baru oli kompresor. Sementara untuk piston maka sebaiknya tidak perlu di perbaiki, sebaiknya ganti saja kompresor dengan yang baru, mengingat mengganti piston atau daleman kompresor membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Kompresor AC cepat panas

Ciri – ciri lainnya yang menandakan kompresor ac lemah adalah kompresor cepat panas, saat kompresor AC mobil anda aktif anda bisa cek dengan cara di siram dengan air, jika baru hidup sebentar namun sudah sangat panas dan hasil siraman air itu ceprt kering di sertai dengan air siraman yang cepet kering karena mendidih.

Loading...

Sama seperti pada keluhan kompresor berbunyi berisik atau ngorok kompresor yang cepat panas ini juga bisa di sebabkan biasanya kurangnya oli di dalam kompresor. Jika anda menemukan keluhan seperti ini pada ac mobil anda, kompresor cepat panas, kemungkinan kompresor ac mobil yang anda miliki sudah mulai lemah kompresinya.
Baca Juga: Fungsi Damper Shock Mobil, Apakah Perlu?

4. Bocor Pada Bodi Kompresor

Ciri-ciri rusak pada kompresor ac mobil ini paling gampang untuk di deteksi, karena bisa di lihat pada bodi kompresor ac mobil terlihat basah karena ada kebocoran kompresor, pada bodi kompresor ini terdapat rembesan oli yang makin lama akan makin terlihat karena selain terlihat basah lama kelamaan akan terdapat banyak kotoran debu yang menempel pada bodi.

Untuk mengantisipasi lebih lanjut lebih baik di bawa ke bengkel spesialis AC Mobil untuk di cek apakah bisa di perbaiki dengan penggantian seal-seal atau O-ring nya atau memang harus dilakukan penggantian kompresor baru.

5. Magnetic Clucth Problem

Menganalisa problem sistem pendingin AC mobil jika magnetic clutch problem atau rusak adalah ketika kita berada pada jalanan yang macetnya merayap tiba-tiba rpm biasanya standart 800-1000 rpm tiba tiba naik diatas 1000rpm bahkan lebih dan tidak lama hawa aka terasa panas. Biasanya kondisi seperti ini AC di off bebrapa saat dan di ON kan kembali akan AC akan normal, indikasi ini lebh kearah magnetic clutch yang tidak bekerja dengan baik.

Magnetic Clucth pada AC mobil ini berfungsi sebagai pemutus hubungkan antaraputaran mesin melalui pulley dengan menghubungkan ke kompresor, sehingga jika magnetic clutch tida bekerja dengan baik atau sudah tidak bisa aktif sesuai yang diinginkan maka yang terjadi adalah kompresor tidak aktif sesuai tombol on off AC mobil.

Demikian tadi beberapa ciri yang bisa dilihat jika kompresor ac sudah mulai lemah, semoga dapat bermanfaat.

Loading...