Ini Daftar Biaya Membuat SIM Terbaru 2019 | MarahmeraH.Com

Ini Daftar Biaya Membuat SIM Terbaru 2019

Biaya Membuat SIM

Apa saja yang perlu disiapkan dalam Membuat SIM?

Surat izin mengemudi (SIM) merupakan suatu hal yang wajib untuk dimiliki oleh pengendara kendaraan bermotor. Biaya membuat SIM terbaru ini memang memiliki perubahan dari beberapa tahun terakhir. Untuk membuat SIM ini banyak sekali menjadi kendala yang sering di hadapi oleh masyarakat. Mulai dari malas untuk mengurusnya yang tidak mengerti prosedur pembuatanya, sampai karena harga lewat calo yang sangat mahal.

Salahsatu hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan SIM adalah tidak lain uang untuk biaya selain KTP Asli. Saat ini pemerintah Indonesia telah mempermudah untuk mendapatkan SIM ini yakni sudah bias menggunakan layanan online. Layanan online sim ini berlaku untuk pembuatan SIM baru dan untuk perpanjangan SIM. Bahkan layanan pelayanan online untuk SIM ini berlaku di seluruh Indonesia sehingga tidak perlu melakukan pembuatan sesuai alamat ktp. Namun layanan pembuatan sim online ini artinya kita bias membuat SIM dimana domisili anda berada.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil tidak dingin Hanya Keluar Angin

Untuk si pembuat sim ini mempunyai beberapa syarat selain berkas-berkas, yakni sudah cukup umur memiliki KTP penduduk asli dan sehat jasmani dan rohani dengan di buktikan surat keterangan sehat. Setelah melakukan pendaftaran dan menentukan hari maka anda harus mengikuti serangkaian ujian teori, praktek, dan simulasi. Dari ketiga tes tersebut wajib diikuti dan harus lolos semua untuk mendapatkan SIM yang anda butuhkan. Jika tidak lulus salah satu artinya anda harus mengulang dilain waktu hingga akhirnya dinyatakan lulus.

Biaya Membuat SIM

Berapa biaya Membuat SIM Terbaru 2019?

1. Biaya Pembuatan SIM Resmi

Untuk biaya membuat SIM secara regular telah ditetapkan sesuai ketetapan pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Pembuatan SIM secara resmi memang sangat terjangkau, akan tetapi anda harus mengikuti proses rangkaian yang ditentukan. Secara keseluruhan ada beberama Macam tarif pembuatan SIM yang berkisar antara 50rb sampai 250rb detailnya seperti Daftar Biaya Pembuatan SIM 2019 dibawah ini.

Tarif Membuat SIM CRp. 100.000
Tarif Perpanjang SIM CRp. 80.000
Tarif Membuat SIM C1Rp. 100.000
Tarif Perpanjang SIM C1Rp. 75.000
Tarif Membuat SIM C2Rp. 100.000
Tarif Perpanjang SIM C2Rp. 80.000
Tarif Membuat SIM ARp. 120.000
Tarif Perpanjang SIM ARp. 80.000
Tarif Membuat SIM A UmumRp. 120.000
Tarif Membuat SIM B1Rp. 120.000
Tarif Perpanjang SIM B1Rp. 80.000
Tarif Membuat SIM B1 UmumRp. 120.000
Tarif Membuat SIM B2Rp. 120.000
Tarif Perpanjang SIM BRp. 80.000
Tarif Membuat SIM B2 UmumRp. 120.000
Tarif Membuat SIM D1Rp. 50.000
Tarif Perpanjang SIM D1Rp. 30.000
Tarif Membuat SIM D2Rp. 50.000
Tarif Membuat SIM InternasionalRp. 250.000

Dari daftar tarif diatas terlihat bahwa untuk pembuatan SIM di Indonesia tergolong sangat terjangkau berbeda di negara lainya, kabarnya menurut temensaya yang ada di negara tetangga (JAPAN) biaya pembuatan SIM bias di gunakan untuk membeli kendaraannya sendiri. Maka dari itu selain untuk menanggulangi atau meredam angka kecelakaan berkendara sudilah kiranya anda mengikuti rangkaian tes pembuatan SIM dan memilikinya.

Baca Juga: Pilih Pakai Coolant atau Air biasa untuk Radiator?

2. Biaya Membuat SIM Nembak

Biasanya pembuatan ini dilakukan oleh orang yang sangat tidak memiliki waktu untuk mengikuti serangkaian TES pembuatan SIM (sangat sibuk) atau orang yang malas. Biaya membuat sim disini memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Perbedaan biaya membuat SIM nembak ini bias 5 kali lipat lebih mahal daripada biaya membuat SIM secara resmi atau regular. Perbedaan ini karena si pembuat tidak perlu mengikuti serangkaian tes dalam pembuatan SIM hanya tinggal dating untuk foto saja dan kemudian SIM bias langsung dimiliki.

Walaupun masih ada cara demikian, saya menyarankan agar anda tetap mengambil jalan pembuatan SIM regular, karena ini akan memberikan tes kepada anda sendiri apakah layak untuk mengendarai kendaraan tersebut atau tidak. Hal ini secara langsung juga akan mengurangi angka kecelakaan berkendara di jalan.