Dyno Test Apa Fungsinya? Perlukah Untuk Mesin? | MarahmeraH.Com

Dyno Test Apa Fungsinya? Perlukah Untuk Mesin?

Dyno Test

Pengertian Dyno Test pada Mesin

Pengertian Dyno test merupakan suatu metode pengujian performa mesin untuk mengetahui seberapa besar power dan torsi yang akan di hasilkan untuk kendaraan tersebut. Pengujian ini biasa dilakukan oleh produsen-produsen kendaraan untuk mengetahui dan sebagai riset untuk kendaraan yang mereka pabrikasikan.Dyno TestTorsi merupakan kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan motor/mobil untuk berjalan dari kondisi diam. Sedangkan, Power adalah berapa waktu tercepat kendaraan untuk mencapai kecepatan tertentu.

Pada produsen kendaraan DynoTest ini sangat penting, karena untuk melampirkan sebagai tambahan dokumen spesifikasi untuk produknya. Dengan ini dapat di pertanggung jawabkan kepada masyarakat yang akan meminang kendaraan tersebut. DynoTest ini jiga sangat penting pagi team pembalap drag maupun relly. Dengan DynoTest ini kendaraan untuk balap yang telah di modifikasi dengan berbagai tambahan part untuk performa yang lebih baik. Sehingga para pembalap atau tuner akan sangat perlu dengan adanya pengujian DynoTest ini karena untuk mengetahui performa mesin yang telah di modifikasi.

Baca Juga: Pilih Pakai Coolant atau Air biasa untuk Radiator?

Fungsi Dyno Test Untuk Mesin

Fungsi pengujian Dyno ini selain kita dapat mengetahui akan hal yang harus di lakukan perubahan lebih baik. Karena dengan dyno tes kita akan mengetahui dan dapat mengukur kinerja maksimal mesin baik power maupun torsi yang dihasilkan. Bagi para pembalap atau tunner dyno tes ini sangat penting karena sebagai acuan performa mesin mobil saat mengikuti balapan.

Untuk kendaraan yang telah dilakukan dyno tes dan mengetahui akan kekuarangan beberapa hal yang mesti di perbaiki. Dengan dyno tes ini maka tunner akan mengetahui apa saja yang perlu di lakukan perbaikan untuk menaikan performa mesin yang sedang ia garap.

Pastinya dengan melakukan Dyno tes pada kendaraan yang telah di modifikasi, para tunner akan mengerti akan hal apa saja yang perlu di tambahkan.  Bahkan apa saja yang perlu di perbaiki untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan Dyno Test adalah:

  1. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan prima.
  2. Periksa bagian-bagian mobil khususnya tekanan ban, kaki-kaki, radiator, dan yang behubungan dengan kinerja mesin dalam kondisi yang baik.
  3. Perhatikan kondisi cuaca dan suhu ruangan karena ini sangat memepengaruhi dalam pengujian Dyno.
  4. Gunakan lampiran data awal pengetesan statndart pabrikan untuk menganalisa perubahan apakah optimal dan aman atau tidak.

Baca Juga: Penyebab Mesin Overheat atau Cepat Panas

Dalam pengujian dyno terhadap mesin ini memang memiliki banyak, selain mendapatkan data performa mesin pastinya kita juga akan dapat mengukur safety kendaraan dengan perbandingan performa mesin yang dihasilkan tersebut terhadap frame kendaraan itu sendiri.

Dalam pengujian dyno tes ini biasanya memakan waktu tidak lama, 1 jam untuk mendapatkan peak terbaik, dan pengujian ini biasa dilakukan beberapa kali run pengujian.