Fungsi Damper Shock Mobil, Apakah Perlu?

Karet Damper HurricaneDalam masalah suspense banyak yang menanyakan apakah pemakaian damper mobil itu di perlukan dan apa efek yang terjadi dengan penambahan pemasangan tersebut. Banyak pengiklan produk sparepart ini pengganjal per pada suspense mobil yang terbuat dari silicon/karet yang digunakan untuk menahan kelenturan per, mencegah suspense memendek saat memiliki beban yang berat atau mencegah roda menyentuh bodi untuk mobil yang cepet atau di pendekin. Dengan mengganjal per dengan damper ini maka secara logika akan mencegah per suspense memedek. Part yang satu ini akan membantu menambahkan daya pegas pada per. Perlu di ketahui damper atau ganjal mobil ini di sebut di luar negeri adalah Rubber Coil Spring Aid /Assister.

Banyak pertanyaan apakah penting menggunakan damper shockbreaker ini, dan apa kelebihan dan kekurangan dalam pemasangan sparepart suspensi ini, bahkan ada beberapa kalangan yang mengclaim bahwa penggunaan sparepart ini akan merusak, ada pula yang menilai bahwa penggunaan part damper ini membuat nyaman dan menguntungkan. Untuk lebih jelasnya marilah kita simak fungsi atau mamfaat dari memasang damper ini.

Baca Juga: Cara Menjaga Kondisi Kendaraan Agar Selalu Prima

Fungsi Karet Damper shock Mobil

  1. Membantu menahan kerja coilover yang reboundnya berlebih dalam artian balikan dari pegas yang berlebih pada saat berakselesari dan bermanuver. Sehingga akan meningkatkan stabilitas dan memberikan kenyamanan mengurangi goncangan berlebih pada jalan yang cenderung bergelombang dengan menggunakan kecepatan yang lebih tanpa harus pelan-pelan jika diperlukan saat kondisi terburu-buru. Justru jika pelan tidak nyaman.
  2. Mengurangi Brake Dive karena pada saat pengereman karet ini membantu menahan rebound atau balikan yang berlebih, sehingga jarak pengereman akan menjadi lebih pendek. akan tetapi sesuaikan jika memang karakter suspensi tidak mudah koyak atau cendenrung sedikit lebih keras, disarankan untuk tidak menggunakan damper ini.
  3. Dalam keadaan tertentu akan membantu meningkatkan umur suspensi mobil karena membantu meredam goncangan berlebih dan kinerja suspensi akan dikurangi dengan adanya damper ini.
  4. Cocok digunakan pada mobil anak muda yang suka di pendekin atau diceperin, hal ini karena damper ini akan membantu menahan per sehingga akan lebih menahan roda untuk menyentuh fender mobil.

Baca Juga: Radiator Aluminium Vs Tembaga? Bagus Mana?

Kelemahan Menggunakan Karet Damper shock Mobil

  1. Mengurangi jarak main per, dengan hal ini jika setingan per dan shockbreaker tidak sesuai atau dalam artian jika jika ganjal per atau damper ini terlalu menahan per, maka kinerja shockbreaker sendiri akan terganggu. Sehingga akan mengakibatkan ayunan yang keras atau tidak sesuai yang diharapkan, alih-alih ingin nyaman jadi keras seperti naik angkot.
  2. Beresiko membuat Shockbreaker cepat bocor. jika tidak menyesuaikan dengan berat atau beban mobil yang di gunakan, pemasangan damper shock ini dapat mengakhibatkan kebocoran shockbreaker karena kinerjanya justru malah terganggu.
  3. Tidak terlalu cocok digunakan di jalanan yang rusak, karena lebih cenderung nyaman digunakan di perjalanan yang mulus seperti di jalan tol.
Pemasangan Damper Hurricane
Pemasangan Damper Shocbreaker

Dengan pembahasan ini bias diambil kesimpulan adalah ganjal/damper shock breaker ini cocok digunakan untuk yang senang berakselerasi tinggi atau dipasang dan di gunakan di mobil balap (drag). Untuk kendaraan yang digunakan sehari-haru dan tidak mementingkan dalam kecepatan atau berakselerasi lebih nyaman menggunakan system suspensi standart kecuali jika mobil yang anda gunakan sering digunakan untuk perjalanan yang memiliki beban yang banyak maka sangat cocok untuk memasang damper pada suspensi mobil anda.

Baca Juga: Sebelum membeli asuransi mobil, Anda perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini