Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head) dan Bagian-Bagianya

Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head) dan Bagian-Bagianya

Kepala Silinder

Kepala SilinderFungsi Kepala Silinder – Pada sistem pembakaran mesin khususnya mesin kendaraan motor atau mobil selain silinder blok beserta komponen penunjang lainya terdapat kepala silinder (cylinder Head) yang terikat pada silinder blok tersebut. Komponen kepala silinder ini menempel tepat diatas silinder blok, kepala silinder ini menempel di silinder blok diantara gasket yang menempel di tengah-tengah kedua komponen tersebut, karena fungsi gasket ini untuk penyekat antara silinder blok dengan kepala silinder agar tidak terjadi kebocoran seperti air radiator yang masuk ke ruang bakar, atau sebaliknya oli yang masuk ke water jacket.

Pengertian kepala silinder adalah komponen sparepart yang menempel diatas silinder blok yang berfungsi sebagai penahan kompresi piston dan sebagai ruang bakar serta tempat menepelnya beberapa komponen sparepart untuk mengatur mekanisme intake manifold sebagai pemasukan bahan bakar dan exhaust manifold sebagai jalur pembuangan hasil pembakaran.

Fungsi kepala silinder (Cylinder Head)

Peran dan fungsi kepala silinder adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Penutup Silinder untuk menghasilkan kompresi dari dorongan piston.
  2. Sebagai ruang bakar
  3. Sebagai tempat Mekanisme katup
  4. Sebagai Intake Manifold yaitu jalur masuk bahan bakar
  5. Sebaga Exhaust Manifold yautu jalur buang sisa pembakaran
  6. Sebagai tempat menempelnya intake manifold dan Exhaust Manifold
  7. Sebaga tempat jalur Water Jacket.

Kepala silinder memiliki peran yang sangat penting dalam sisitem pembakaran mesin. Pada fakatanya memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung jenis mesinnya, yakni Kepala silinder mesin bensin dan mesin diesel memiliki perbedaan, pada kepala silinder mesin bensin terdapat coakan sebagai ruang bakar,dan terdapat ruang untuk busi yang bertugas memercikkan bunga api, sedangkan pada mesin diesel permukaan kepala silinder lebih rata, coakan terdapat pada piston.

Kepala silinder baru-baru ini di buat dengan menggunakan campuran baja dan aluminium, berbeda dengan jaman dahulu yang menggunakan bahan baja. Penggantian material ini berfungsi untuk mengurangi beban berat sehingga jika menggunakan bahan campuran baja dan aluminium akan membantu menambah beban berat kosong pada kendaraan berkurang.

Komponen Kepala Silinder Dan Fungsinya

Berikut adalah beberapa komponen yang terdapat dalam kepala silinder dan fungsi dari masing-masing part tersebut:

  1. Spare Plug (Busi) – Berfungsi sebaga penghasil loncatan bunga api untuk melakukan pembakaran pada saat setelah kompresi dan 10 derajat sebelum TMA.
  2. Adjusting Shim/Rocker Arm – Berfungsi sebagai penyetel celah katup sehingga celah intake manifold dan exhause manifold dapat di stel sesuai dengan standart.
  3. Oil Seal – Sebagai perapat oli suapaya tidak masuk di runag bakar.
  4. Valve Guide – Sebagai tempat menempelnya katup sehingga menghantarkan pergerakan katub naik turun secara presisi.
  5. Valve Seat – Sebagai tempat dudukan Valve
  6. Valve Keepers – Sebagai pengunci antara masing-masing katup dengan pegas katup
  7. Gasket – Sebagai sekat perantara antara kepala silinder dengan blok silinder agar tidak terjadi kebocoran karena terdapat jalur oli dan air pendingin untuk radiator.
  8. Water Jacket – Sebagai jalur air pendingin radiator untuk mendinginkan mesin.
  9. Combustion Chamber – Sebagai tempat pembakaran bahan bakar yang masuk melalui intake manifold.
  10. Valve Lifter – Sebagai Pengangkat Katub.
  11. Intake Manifold – Sebagai saluran masuk bahan bakar dari karburator atau sistem EFI ke ruang bakar.
  12. Exhaust Manifold – Sebagai saluran bahan bakar sisa-sisa gas pembakaran.
  13. Oil Feed – Sebagai jalur oli yang mengalir dari carter yang di pompakan ke kepala silinder untuk melumasi part-part yang bergerak didalam kepala silinder.
  14. Coolant Feed – Sebagai jalur air pendingin yang di sirkulasikan oleh waterpam yang melewati radiator dan mesin.
  15. Head Cylinder Cover – Kepala silinder biasanya memiliki cover penutup untuk menutupi bagian yang terdapat pada kepala silinder dan berfungsi sebagai penutup dan melindungi oli yang di pompa ke kepala silinder agar tidak keluar.

Baca Juga: Radiator Aluminium Vs Tembaga? Bagus Mana?

Pada sistem pembakaran, pada motor 2 langkah dan 4 langkah memiliki perbedaan konstruksi yang signifikan seperti halnya perbedaan pada kepala silinder ini, khususnya untuk mesin sepeda motor.