Fungsi Komponen Komponen Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Fungsi Komponen Komponen Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

MarahMerah.com – kali ini saya akan memabahas tentang fungsi komponen komponen sistem bahan bakar mesin diesel, sistem bahan bakarnya memiliki perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin, bahan bakar yang digunakan pun berbeda, Mesin diesel mempunyai beberapa komponen yang berbeda dari mesin bensin, dengan memiliki sistem yang berbeda makan juga akan mempengaruhi bahan bakar yang digunakan juga hasil dari pembakaran itu sendiri.

Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Alur Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Mesin diesel memiliki emisi gas buang yang lebih cenderung kotor karena menimbulkan asap dari sisa pembakaran. Akan tetapi dengan kemajuan jaman sistem pembakaran pada mesin deisel saat ini lebih bersaing dengan mesin bensin, faktanya masih menjadi banyak direkomendasikan untuk memiliki mobil bermesin diesel, selain irit masalah tenaga juga tidak kalah dengan mesin bensin.

Perbedaan yang mendasar antara mesin diesel dengan mesin bensin adalah dari sistem bahan bakar yakni, pompa bahan bakar, busi pijar, filter dan beberapa komponen lainya. ok langsung saja mri kita simak mengenai Fungsi Komponen Komponen Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel :

  1. Fuel Tank

    Komponen ini biasa juga di sebut dengan tangki bahan bakar yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar yang akan di distribusikan ke ruang bakar melalui pompa.

  2. Feed Pump

    Feed Pump ini berfungsi sebagai penghisab bahan bakar dari fuel tank ke pompa bahan bakar (injection Pump) melalui filter bahan bakar atau fuel filter.

  3. Fuel Filter

    Fuel Filter ini berfungsi sebaga penyaring kotoran yang berada dalam tangki yang akan disalurkan ke pompa atau injection pump yang kemudian akan dideliverikan ke ruang bakar melalui nozzle. Peran fungsi fuel filter pada mesin diesel ini sangat penting karena jika kotoran sampai masuk ke injection pump akan mengakibatkan kemampatan sehingga bahan bakar tidak dapat disalurkan kerung bakar melalui nozle dengan sempurna. Biasanya jika fuel filter ini jarang di ganti akan menghasilkan sumbatan tersebut. sumbatan bisa terjadi pada lubang nozzle.

  4. Injection Pump

    Injection Pump pada mesin Diesel berfungsi untuk memom akan bahan bakar ke ruang bakar melalui Nozzle. Dengan tekanan tinggi dari Injection Pump maka pengabutan akan terjadi pada ruang bakar oleh nozzle.

  5. Automatic Timer

    Automatic timer ini berada dalam Injection Pump yang terhubung dengan teaming gear, berfungsi untuk memajukan saat injeksi pada saat putaran mesin tinggi.

  6. Governor

    Governor juga komponen yang terdapat dalam Injection Pump tepatnya pada bagian belakang yang berfungsi sebagai pengatur jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan pembebanan mesin. Governor ini juga berfungsi membantu penyalaan mesin pada awal supaya mudah dengan cara memperbanyak suplaian bahan bakar.

  7. Nozzle

    Nozzle berfungsi sebagai pengabut bahan bakar dari Injection Pump supaya mudah tercampur dengan udara dan mudah terbakar.

  8. Pipa Tekanan Tinggi

    Sebagai penyalur bahan bakar dari injection pum untuk ke masing masing nozzle sehingga sampai ke ruang bakar dengan sempurna.

  9. Glow Plug

    Glow Plug atau yang sering biasa di sebut dengan busi pijar ini berfungsi sebagai pemanas pada ruang bakar, sehungga saat terjadi kompresi tinggi dan suply bahan bakar berupa kabut terjadi akan mudah terbakar yang akan menghasilkan langkah usaha. Glow plug di mesin diesel ini bekerja merubah aliran listrik pada battery menjadi energi panas.

  10. Battery

    Sebagai pusat sumber kelistrikan pada awal untuk memanaskan busi pijar

  11. Ignition Switch

    Atau biasa  di sebut kunci kontak ini berfungsi sebagai saklar kelistrikan pada sistem kelistrikan kendaraan.

  12. Relay

    Sebagai pemutus hubungkan busi pijar dan mengatur pemanasan awal pada pre chamber oleh busi pijar.

Baca Juga: Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head) dan Bagian-Bagianya