Fungsi Thermostat Pada Sistem Pendingin AC Mobil | MarahmeraH.Com

Fungsi Thermostat Pada Sistem Pendingin AC Mobil

Sistem Pendingin AC Mobi
Sistem Pendingin AC Mobi

Sistem Pendingin AC Mobil

Bagaimana Kinerja Thermostat AC? Apa Fungsinya?

MarahMerah.com kali ini akan membahas pengertian thermostat dan fungsi thermostat AC. Thermostat merupakan salah satu komponen wajib yang terdapat pada rangkaian system pendingin AC. Thermostat ini sangat dekat dengan sekitar anda pada kehidupan sehari hari, biasanya terdapat pada system pendingin AC mobil dan juga pada system pendinginan AC rumah maupun perkantoran. Bahkan komponen ini juga terdapat pada kran air panas, microwave dan pemanas lainnya.

AC memang sangat penting pada kendaraan.  Saat berjalan pada terik siang matahari yang panas, Ac menjadi system yang sangat berperan bagi pengemudi maupun penumpangnya. Sistem pendingin AC pada kendaraan ini juga sangat berperan ketika hujan lebat dating, karena akan membantu terhindar dari penegembunan pada kaca mobil. Tidak bisadi bayangkan jika Ac pada kendaraan anda tidak berfungsi, anda akan melalui perjalanan yang sangat merepotkan.

simak pembahasan tentang pengertian thermostat dan fungsi thermostat yang terdapat pada serangkaian system pendingin AC mobil dibawah ini.

Pengertian Thermostat

Thermostat AC

Thermostat AC

Thermostat adalah salah satu komponen pada system pendingin yang berada pada rangkaian system pendingin AC mobil, Fungsi Thermostat ini sebagai pengatur perubahan suhu sesuai dengan yang di setingan dan komponen ini bekerja secara independent mengikuti perubahan suhu. Penerapan komponen ini sebenarnya tidak hanya di pasang pada system pendinginan akan tetapi juga bias di terapkan pada system pemanas.

Thermostat pada system pendingin AC mobil ini terdapat 2 jenis yakni:

  • Thermostat Electronic : atau thermostat elektrik ini pada dasarnya terdiri dari serangkaian elektronika yang terdiri dari beberapa komponen elektronik yang terangkai menjadi satu kesatuan system. Dengan sebuah thermistor sebagai komponen utama untuk mendeteksi perubahan suhu yakni dengan resistor yang dapat di pengaruhi hambatanya oleh suhu sekitar.  Pada AC mobil pengaturan kelistrikan thermostat ini dipengaruhi juga oleh tinggi rendahnya rpm mobil.
  • Thermostat Manual : Untuk thermostat manual pada AC mobil ini kelistrikanya berdiri sendiri, independent tidak di pengaruhi oleh rpm mobil. Kelistrikan untuk thermostat manual ini langsung didapatkan dari AKI mobil.

Fungsi Thermostat

Thermostat pada system AC mobil berfungsi sebagai pengatur suhu dingin yang berada pada Evaporator AC mobil. Cara pengaturan ini memalui tombol pengatur yang berada pada dashboard mobil anda (sesuai yang di kehendaki). Sistem ini bekerja jika suhu dingin telah tercapai batas maksimal, maka secara otomatis thermostat akan memberi triger kepada Kompresor AC Mobil untuk berhenti bekerja. Setelah suhu kembali panas maka thermostat akan mentriger kembali untuk mengaktifkan kompresor AC mobil anda sehingga system pendinginan bekerja kembali.

Thermostat terletak pada kisi-kisi evaporator penempatan ini bertujuan supaya pembacaan suhu akan lebih akurat karena bersentuhan langsung dengan evaporator.

Perawatan dan Pemakaian Thermostat AC

Perawatan ini cukup mudah yakni dengan cara aturlah thermostat pada posisi maksimal saat berkendara jarak dekat dan pada posisi sedang jika jarak jauh. Ini bertujuan agar kinerja kompresor tidak terus menerus. Dengan demikian kompresor AC akan lebih awet dan bahkan terhindar dari pembekuan pada evaporator. Dengan demikian system pendingin AC pada mobil anda akan selalu terjaga dan bertahan lama.