6 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Informasi Umum

by MarahmeraH 26139 views

6 Cara Mempercepat Pengisian Baterai  Smartphone Cara Mempercepat Pengisian Baterai -…

Cara Mempercepat Pengisian Baterai - Zaman sekarang banyak sekali brand smartphone yang berlomba-lomba membuat sebuah smartphone yang ideal serta murah. Tidak jarang saya menemui smartphone dengan baterai melebihi 5000 MaH.

Seperti layaknya terbawa arus teknologi, smartphone android kini memiliki beberapa standar dimata penggunanya. Misalnya seperti lancar untuk bermain game online, tampilan menarik serta baterai yang tahan lama.

Namun, lama atau tidaknya sebuah smartphone dapat bertahan tergantung dari penggunanya. Terlepas dari itu banyak sekali pecandu game online yang sekarang jumlahnya semakin merajalela. Yang kerap kesal dengan kondisi baterai hp nya yang sering lowbat.

Kapan Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone di Perlukan?

Para pecandu game online “gamers" sering sekali mengecas smartphonenya sambil asyik bermain game online yang dapat berakibat fatal.

lalu bagaimana cara untuk mempercepat pengisian baterai supaya cepat terisi penuh, hal ini sangat diperlukan kepada orang yang memiliki mobilitas tinggi, traveller, businessman dan kembali lagi pecandu game. Mereka sangat menginginkan hal ini untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Maka tidak heran bahwa usia baterai hp yang mereka gunakan semakin berkurang (tidak bertahan lama), sampai-sampai baterai yang awalnya masih bagus digunakan menjadi bocor atau rusak. Nah, maka kalian jangan sekali-kali mengecas baterai sambil memainkan smartphonemu walaupun untuk online di medsos.

Ternyata ada sebuah trik dan tips yang bisa kamu pakai untuk mempercepat pengisian baterai smartphonemu lho! Berikut ini adalah 6 cara mempercepat pengisian baterai smartphone.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

1.Mematikan Daya Smartphone

Cara Cepat Pengisian Baterai

Fitur Power Off atau shutdown pada smartphone berfungsi untuk mematikan atau menonaktifkan smartphonemu. Ada banyak manfaat dari menonaktifkan smartphone.

Salah satunya adalah dapat mempercepat pengisian baterai smartphonemu. Cara inilah yang paling efektif dan terbukti jika kamu ingin mempercepat pengisian baterai pada smartphone kesayanganmu.

Ada 2 cara untuk menonaktifkan smartphone android, yaitu melalui tombol fisik pada smartphone atau melalui sebuah aplikasi yang sudah kamu install diperangkat androidmu. Tetapi, menggunakan aplikasi untuk menonaktifkan smartphone membutuhkan akses root.

Kamu bisa mencari cara meroot hp dipencarian google atau kunjungi idetutorial.net disitu kamu bisa menemukannya.

2. Mode Pesawat

Cara Cepat Pengisian Baterai 1

Apakah kamu tau bahwa mode pesawat yang terdapat dismartphone bukan cuma bisa digunakan saat kamu berada di sebuah pesawat terbang.

Salah satu trik Cara Mempercepat Pengisian Baterai pada smartphone adalah dengan menggunakan mode pesawat.
Mengapa mengaktifkan mode pesawat pada ponsel dapat mempercepat pengisian daya pada baterai smartphonemu?

Hal ini dikarenakan fitur mode pesawat dapat mematikan keseluruhan akses kartu simcard yang terdapat diponsel kalian. Akses tersebut antara lain berupa sinyal, internet, komunikasi dan lain sebagainya.

Mode pesawat sendiri letaknya mudah untuk kamu ketahui. Kamu bisa menggeser layar kamu dari atas kebawah (menu pintasan diatas layar).

Kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat melalui menu pengaturan ponsel. Caranya buka Setelan > Lainnya > Aktifkan Mode Pesawat

3. Gunakan Charger dengan Ampere Yang Lebih Besar

Cara Cepat Pengisian Baterai 2

Solusi ampuh lainnya Cara Mempercepat Pengisian Baterai adalah menggunakan charger dengan Amper  yang lebih besar dari kepala charger yang sebelumnya kamu gunakan.

Pastikan juga charger yang kamu gunakan itu original atau asli, kamu bisa mengetahuinya dengan cara jika charger yang kamu pakai tidak original biasanya arus yang dihantarkan tidak sesuai dengan apa yang tertera di adapternya.

Kamu juga harus memperhatikan bahwa tidak semua smartphone jika dipakaikan adapter dengan tegangan tinggi akan membuat usia baterai smartphone tahan lama. Malahan bisa membuat baterai rusak atau bocor.

4. Jauhkan Dari Tempat Panas

Cara Cepat Pengisian Baterai 3

Tempat mengisi daya smartphone ternyata cukup berpengaruh terhadap kecepatan pengisian baterai. Smartphone yang panas atau overheat dapat memperlambat pengisian baterai pada smartphonemu. Bukan hanya berdampak pada kecepatan mengisi daya pada baterai tetapi juga bisa membuat kinerja smartphone semakin menurun.

Maka dari itu hindarilah tempat yang panas atau terpapar sinar matahari langsung karena akan menghambat durasi pengisian daya.

5. Jangan Isi Daya Dengan Port di Komputer

Cara Cepat Pengisian Baterai 4

Output yang terdapat pada port USB komputer umumnya berkisar antara 0,1A hingga 0,5A. Ini jauh lebih kecil jika dibandingkan output menggunakan charger khusus ponsel yang mencapai 2 Ampere bahkan lebih.

Dengan begitu berarti kecepatan pengisian daya juga akan jadi lebih lambat. Apalagi arus yang dihantarkan antara port USB dikomputer ke smartphonemu itu tidak stabil atau berubah-ubah.

Bila kamu sedang terburu-buru, jangan mengecas ponsel kamu menggunakan port USB dikomputer. Sebaiknya langsung saja memakai charger bawaan dari smartphonemu.

Perlu ditambahkan juga bahwa port USB dibeberapa komputer yang mendukung intrerface USB 3.0 mampu menyalurkan arus sebesar 1A sehingga tetap bisa dipakai untuk mengisi daya ponsel dalam waktu relatif singkat, atau setidaknya sama cepat dengan charger bawaan ponsel kelas menengah kebawah.

6. Kabel USB Berkualitas

Cara Cepat Pengisian Baterai 6

USB merupakan salah satu alat yang jangan kamu anggap remeh. Karena USB menjadi salah satu faktor kecepatan daya hantar listrik dari adapter ke port yang terdapat pada smartphone.

Belum lama ini sudah banyak yang menggunakan kabel dengan teknologi baru yaitu kabel Type-C atau Kabel Lightning karena dengan menggunakan kabel ini proses charger bisa jadi lebih cepat beberapa hingga beberapa kali lipat dibandingkan kabel USB biasa.

Kekurangannya adalah jumlah orang yang menggunakan kabel ini masih sedikit bila dibandingkan dengan kabel USB yang hampir semua pengguna smartphone diindonesia memakainya. Jadi anda harus selalu membawanya kemanapun anda berada.

Hal lainnya yang juga sangat penting yaitu kamu harus memperhatikan dan mempertimbangkan jika ingin membeli kabel data atau kabel charger. Saya lebih merekomendasikan kamu untuk menggunakan kabel charger bawaan dari saat kamu membeli ponsel. Dikarenakan lebih terjamin kecepatan serta kualitasnya dibandingkan kabel yang dijual dikonter dengan harga murah. Atau kabel charger dengan merk yang belum terkenal alias ecek-ecek yang beredar di online shop.

Itulah 6 tips cara mempercepat pengisian baterai pada smartphone yang bisa kamu praktekkan agar smartphonemu lebih cepat dalam mengisi daya.

Penulis : idetutorial.net