Sejuta Manfaat Pohon Lontar atau Siwalan

Manfaat Pohon Lontar

Manfaat pohon Lontar - Buah lontar atau siwalan biasanya banyak dijual di pinggir jalan di daerah dekat pantai. Selain menjual dalam bentuk buah, pohon lontar atau siwalan biasanya juga diperjualbelikan dalam bentuk minuman segar.

Pohon lontar atau siwalan yang memiliki nama latin Borassus Flabelitfer ini ternyata mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Pohon yang termasuk ke dalam jenis palma ini tersebar luas hingga ke daerah India, Sri Lanka, Asia Tenggara, dan Papua. Diduga, pohon lontar atau siwalan ini berasal dari India dan Sri Lanka. Di India, pohon lontar dijadikan sebagai tameng angin di suatu daratan dan merupakan tempat transit bagi burung, kelelawar atau binatang lainnya.

Di Indonesia, pohon lontar atau siwalan dikenal dengan banyak nama dari daerah masing-masing. Di antaranya ‘siwalan atau lontar’ oleh masyarakat Jawa, ‘kapuwe duwe’ oleh masyarakat Pulau Sewu di NTT, ‘tua’ oleh Pulau Rote, ‘uga’ oleh suku Marind di Papua dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Siwalan

Sedangkan sebutan di manca negara juga unik, pohon yang memiliki prospek sebagai tanaman perkebunan bernilai tinggi ini memiliki nama yaitu palmyra palm atau wine palm, karena nira lontar umumnya digunakan untuk bahan pembuatan tuak.    

Karakteristik Pohon Lontar atau Siwalan

Pohon lontar atau siwalan merupakan salah satu jenis palma dan tersebar luas di bagian timur Indonesia seperti di Madura, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur. Pohon lontar atau siwalan ini bahkan bisa hidup hingga 100 tahun lamanya.

Manfaat Buah Lontar

Pohon lontar atau siwalan memiliki ciri-ciri atau karakteristik seperti berikut ini:

  1. Pohonnya tinggi njilujur tanpa ada cabang, seperti pohon jenis palma kebanyakan
  2. Pohon lontar atau siwalan merupakan jenis pohon monokotil
  3. Tingginya bisa mencapai 30 meter atau hampir sama dengan pohon kelapa, bahkan diameter batangnya bisa lebih lebar
  4. Daunnya berjenis menjari dengan bentuknya yang seperti kipas, lebar daun sekitar 1 hingga 3 meter
  5. Buahnya hampir mirip dengan kelapa namun warnanya bening, berair dan teksturnya seperti jeli namun sedikit lebih keras

Baca Juga: 6 Jenis Natural Oil Rahasia Kecantikan Wanita

Sejuta Manfaat pada Pohon Lontar atau Siwalan

Buah lontar atau buah siwalan yang bertekstur kenyal mirip seperti kolang-kaling ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Di antaranya vitamin (A, B, C), karbohidrat, serat, protein, kalsium, kalium, fosfor, dan seng. Manfaat pohon lontar atau siwalan antara lain sebagai berikut:

1. Mencegah Dehidrasi

Buah lontar atau siwalan tentu saja memiliki fungsi utama untuk mencegah dehidrasi, karena kandungan airnya yang banyak. Oleh karena itu buah lontar atau siwalan terasa sangat segar saat dimakan. Kandungan air yang tinggi bisa mencapai 90 persen dan mampu memasok kebutuhan cairan tubuh sehingga fungsi tubuh menjadi lebih optimal.

2. Sebagai Antioksidan dan Antibiotik

Kandungan antioksidan pada buah lontar dapat mencegah terjadinya stress oxidative di dalam tubuh. Karena keadaan stress oxidative jika dibiarkan secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kerusakan sel tubuh dapat berakibat fatal dan berujung pada kemunculan berbagai macam penyakit seperti tumor bahkan kanker dan lainnya.

3. Membantu Menghilangkan Stress

Buah lontar atau siwalan juga bisa membantu menghilangkan atau terhindar dari stress. Sensasi segar dan kenyal saat memakan buah lontar secara tidak langsung dapat meningkatkan atau mengubah mood menjadi lebih baik dan menjadi bersemangat. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral juga turut membantu fungsi tubuh bekerja secara optimal sehingga tubuh kembali ceria dan bersemangat.

Salah satu kandungan pada buah lontar yang mampu menghilangkan stress yaitu vitamin C. Menurut sebuah penelitian, vitamin C secara efektif dapat meningkatkan mood pada pasien rawat inap di sebuah rumah sakit.

4. Menjaga Fungsi Hati dan Ginjal Tetap Optimal

Kadar air ang tinggi pada buah lontar atau siwalan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan fungsi hati dan ginjal sehingga terhindar dari penyakit. Seperti yang diketahui bersama bahwa hati dan ginjal merupakan dua organ yang sangat penting bagi kesehatan seluruh tubuh. Keduanya merupakan tolak ukur seseorang dapat hidup sehat tanpa masalah atau penyakit karena fungsi keduanya adalah sebagai penyaring racun dalam tubuh.

Dengan kandungan air yang cukup, fungsi penyaringan racun pada organ hati dan ginjal akan berjalan lancar atau optimal. Secara lebih rinci, kandungan air dan mineral fosfor pada buah lontar mampu mengoptimalkan proses ekskresi atau pembuangan.

5. Membantu Merawat Pencernaan

Karena memiliki banyak kandungan serat, buah lontar atau siwalan tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Banyak sekali manfaat buah lontar karena kandungan serat misalnya seperti serat peptin yang bekerja sama dengan bakteri baik untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek. Asam lemak ini berfungsi untuk regenerasi sel-sel yang ada di dalam usus.

Selain itu, banyak sekali masalah pencernaan yang sering terjadi akibat kekurangan asupan serta. Nah, mengkonsumsi buah lontar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau diare.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Nah, untuk para wanita yang ingin merawat kulit dengan cara alami, bisa mengkonsumsi buah lontar secara rutin. Pasalnya, manfaat buah lontar, selain berfungsi untuk berbagai macam penyakit, buah lontar juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C pada buah lontar akan memberikan efek antioksidan yang sangat diperlukan bagi kulit untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas sehingga bebas dari jerawat dan masalah kulit lainnya.

7. Dapat mengobati Diabetes

Bagi pengidap penyakit gula atau disebut diabetes, diet dengan mengkonsumsi buah lontar bisa menjadi pilihan yang tepat. Buah lontar memiliki kandungan gula atau glikemik yang rendah, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi karena dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi buah lontar, akar pohon lontar atau siwalan juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang sama yaitu mengobati penyakit diabetes. Akar pohon lontar harus diekstraksi terlebih dahulu, barulah setelah itu bisa dikonsumsi secara berkala. Tugas utama ekstrak akar pohon lontar sama dengan buahnya yaitu untuk mengendalikan kadar gula darah.

8. Menjadi Sumber Energi

Meski memiliki kandungan gula darah yang rendah dan mampu mengontrol gula darah untuk pengidap diabetes, buah lontar masih bisa dijadikan sebagai sumber energi. Gula memang menjadi sumber atau komponen utama yang digunakan sebagai bahan bakar atau sumber energi untuk melakukan aktivitas secara optimal. Namun, kandungan vitamin dan mineral lainnya juga mampu menopang kebutuhan energi pada tubuh.

9. Meningkatkan Kesuburan pada Pria

Buah lontar juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria karena mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan kandungan buah lontar yang sangat banyak dan bermanfaat. 

10. Mampu Mengobati Disfungsi Ereksi

Selain untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, buah lontar juga berfungsi untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi atau impotensi pada pria. Namun, belum ada studi khusus yang membuktikan pernyataan tersebut. meski begitu, buah lontar tetap baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang tubuh.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Pohon Lontar semoga bermanfaat dan dapat berguna untuk kesehatan anda bahkan memulai bisnis baru anda untuk mendirikan bisnis minuman segar. Terima kasih.