Mengubah PDF ke Word iLove via PC & HP

Informasi Umum

by MarahmeraH 40146 views

Mengubah PDF ke Word iLove via PC & HP Hampir sebagian besar masyarakat umum saat ini sudah tidak asing dengan keberadaan file berekstensi PDF. Bahkan banyak sekali dokumen yang diubah ke format PDF yang memungkinkan file disimpan secara digital. File dengan format PDF identik dengan penggunaan software seperti Adobe Reader. Penggunaan file dengan format PDF sendiri biasanya dibutuhkan dalam dunia kerja yang mengarah pada…

Hampir sebagian besar masyarakat umum saat ini sudah tidak asing dengan keberadaan file berekstensi PDF. Bahkan banyak sekali dokumen yang diubah ke format PDF yang memungkinkan file disimpan secara digital. File dengan format PDF identik dengan penggunaan software seperti Adobe Reader.

Penggunaan file dengan format PDF sendiri biasanya dibutuhkan dalam dunia kerja yang mengarah pada pengolahan data dan dokumen. Biasanya mereka akan mengkonversi file yang awalnya dalam format Microsoft Office lalu disimpan ke ekstensi PDF. Hal itu karena file PDF memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Microsoft Office, terutama dalam hal tampilan.

Banyak orang yang lebih memilih format ini karena lebih praktis dan tidak memakan waktu lama ketika membuka, karena file PDF cukup ringan digunakan. Namun sayangnya Ketika anda memutuskan untuk mengubah suatu file dalam bentuk PDF, maka data didalamnya tidak dapat diubah atau dimodifikasi lagi.

Karena hingga saat ini PDF belum menyediakan fitur editing dalam format ini. Satu-satunya cara untuk mengedit file PDF adalah dengan mengkonversi file tersebut ke format Microsoft Office Word.

Cara mengubah PDF ke word dapat dilakukan melalui dua cara yaitu secara online maupun offline.

Baca juga: Cara Kompress PDF Hingga Kecil

Masing-masing cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi cara mengubah PDF ke word via online yaitu ilovepdf.

Tool Online "IlovePDF"

PDF atau Portable Document ormat adalah salah satu jenis format berkas yang dikembangkan oleh Adobe System Inc. Sebagai salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar saat ini tentu saja ada mencerminkan semua hasil produknya agar memiliki fungsi penting bagi masyarakat.

Berbicara tentang PDF, salah satu tool online yang cukup populer digunakan untuk mengkonversi format PDF ke word maupun ke format lainnya adalah situs ilovepdf.

Situs tersebut memungkinkan anda untuk mengkonversi file dengan format PDF ke file berformat buat secara gratis dan mudah.

Hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk menggunakan tools online ini.  Bahkan Anda bisa menggunakan situs tersebut untuk mengubah PDF ke word PC maupun via HP. Tool online ini memiliki tagline "Semua alat yang dibutuhkan untuk bekerja dengan PDF di satu tempat".

Salah satu keunggulan dari situs ini dibanding situs konversi lainnya yaitu 100% gratis dan mudah untuk digunakan. Tidak hanya untuk mengkonversi file PDF ke word saja melainkan juga ke berbagai format lainnya. Bahkan dengan tools ini memungkinkan anda untuk menggabungkan, memisahkan, mengkompres, mengkonversi, memutar atau bahkan membuka kunci suatu file berformat PDF.

Ya, memang benar bahwa pengguna dapat mengakses semua fitur fitur yang ditawarkan melalui situs ini secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Itulah salah satu alasan mengapa disini Kami menyarankan anda untuk menggunakan ilovepdf dibanding menggunakan media lain.

Apalagi saat ini banyak software PDF converter yang berbayar atau tidak benar-benar gratis. Mengubah PDF ke Word denga iLovePDF. Bagi Anda yang sedang membutuhkan cara mengubah PDF ke word maka dalam artikel kali ini kami akan membagikan informasi tutorial lengkapnya mengubah PDF to Word.

Disini kami akan membagikan 2 versi mengubah PDF ke Word dengan ilovepdf yaitu via PC dan via HP. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan ketika ingin mengubah atau mengkonversi file PDF.

Agar lebih jelasnya langsung saja simak masing-masing tutorial berikut ini:

Cara Menggunakan ILovePDF via PC

Sebelum menggunakan ILovePDF untuk mengkonversi file PDF ke Word, persiapkan terlebih dahulu file mana yang akan anda konversi.

Jika sudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1.Buka web browser melalui komputer atau pc anda. Disini anda bisa menggunakan web browser apapun termasuk Mozilla Firefox, Chrome maupun Opera. Akan lebih cepatnya Anda bisa mengklik link berikut https://www.ilovepdf.com/id.

2.Pada halaman utama website ilovepdf akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Silahkan anda pilih kolom yang bertuliskan "PDF to Word".

ILovePDF via PC

3.Pada tampilan selanjutnya akan muncul tombol untuk mengunggah file. Klik tombol tersebut dan impor atau ambil file PDF mana yang akan anda konversi ke Word. Melalui tulisan ini memungkinkan anda untuk mengimpor file dari media penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox. Jika mau mengambil file dari penyimpanan online maka anda bisa Klik logo atau icon di bawah tombol "Pilih File PDF". Tapi jika hanya mengambil file dari penyimpanan internal di komputer anda maka bisa langsung saja Klik tombol tersebut.

ILovePDF via PC 2

4.Anda akan diarahkan ke file manager perangkat anda, pilih file PDF mana yang akan dikonversi ke Word.

5.Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses upload file PDF selesai.

6.Jika proses upload selesai maka secara otomatis terus akan mengkonversi file dari PDF ke Word. Sehingga anda hanya perlu menunggu saja.

7.Apabila proses konversi sudah selesai maka anda bisa mengunduh file tersebut yang langsung disimpan di memori internal Anda atau bisa juga disimpan di media penyimpanan online.

8.Selesai.

Dengan beberapa langkah mudah tersebut anda sudah berhasil mengkonversi file berformat PDF menjadi file dengan format Word.

Dengan begitu Anda bisa melakukan editing atau modifikasi dari dokumen tersebut.
Jika nantinya anda ingin mengubah file tersebut ke format PDF kembali, maka anda juga bisa memanfaatkan tools ilovepdf ini.

Cara Menggunakan ILovePDF via HP

Menggunakan tools online ilovepdf untuk mengubah file PDF ke Word tidak hanya bisa dilakukan via komputer saja, Anda juga bisa menggunakan tools tersebut via HP atau.

Tenang saja, anda tidak harus menginstal aplikasi PDF converter karena tools tersebut juga dapat diakses via web browser di smartphone.

Agar lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1.Siapkan terlebih dahulu file PDF mana yang akan anda dikonversi. Setelah itu Anda bisa masuk ke situs website ilovepdf, klik saja link ini https://www.ilovepdf.com/id.

2.Tampilannya kurang lebih sama seperti ketika membuka ilovepdf via PC, seperti yang terlihat di gambar berikut:

ILovePDF via PC 3

3.Scroll ke bawah untuk menemukan kolom "PDF ke Word". Klik fitur tersebut.

 

4.Maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman untuk mengimpor file berformat PDF yang akan dikonversi ke Word. Pastikan anda mengambil file yang benar agar tidak perlu mengulang-ulang proses upload.

5.Setelah anda mengambil file, anda hanya perlu menunggu hingga proses penguploadan selesai dan proses konversi juga akan berlangsung secara otomatis. Lama tidaknya proses konversi ini tergantung dari ukuran file itu sendiri.

6.Selesai. Anda bisa mengunduh file PDF yang sudah anda konversi ke Word.

Akhir Kata

Demikian itulah pembahasan tentang cara menggunakan tools online ilovepdf untuk mengubah PDF ke word dengan beberapa langkah sangat mudah.
Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca yang sedang membutuhkan cara mengubah PDF ke Word.

Selamat mencoba.