Perbedaan USB 3.0 dan USB 2.0 Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Informasi Umum

by MarahmeraH 11021 views

Perbedaan USB 3.0 dan USB 2.0 Serta Kelebihan dan Kekurangannya Pada setiap perangkat komputer ataupun laptop bahkan micro controller memiliki interface USB yang berwarna hitam atau putih? Untuk saat ini ada USB yang memiliki warna biru, ini adalah USB terbaru yaitu USB 3.0. Lalu apa saja perbedaan USB 3.0 dan USB 2.0, setiap USB memiliki fungsi yang relatif sama baik itu 2.0 dan 3.0 akan…

Pada setiap perangkat komputer ataupun laptop bahkan micro controller memiliki interface USB yang berwarna hitam atau putih? Untuk saat ini ada USB yang memiliki warna biru, ini adalah USB terbaru yaitu USB 3.0. Lalu apa saja perbedaan USB 3.0 dan USB 2.0, setiap USB memiliki fungsi yang relatif sama baik itu 2.0 dan 3.0 akan tetapi, pasti memiliki perbedaan baik itu kelebihan maupun kekurangan pada USB 3.0 ataupun 2.0

Pengertian USB

USB yang akan kita bahas disini adalah Universal Serial Bus. Pengertiannya USB adalah standar bus serial untuk interface perangkat tertentu, atau bisa di sebut perangkat penghubung.

Perangkat penghubung ini antara komputer ke piranti bergerak lainya, atau bahkan piranti-piranti yang lain seperti flashdisk, HD eksternal, micro controller, modem, dan lain sebagainya.

Secara spesifikasi, USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi yaitu sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4.8Gpbs. Kecepatan transfer dan receive ini 6 sampai 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0.

USB 3.0 sudah menggunakan teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis bersamaan (simultan). Kelebihan lain dari USB 3.0 adalah lebih hemat listrik karena tegangan listrik semula 4.4V menjadi 4V saja dan arusnya ditingkatkan jadi 150mA.

Hebatnya USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat sekaligus. USB 3.0 juga mendukung idle, sleep dan suspend sehingga managemen power lebih baik.

Kelebihan USB 3.0

Saat ini banyak perangkat elektronik yang masih menggunakan USB 2.0, bagaimana jika nanti sudah mulai berganti menggunakan USB 3.0? Dalam hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena USB 3.0 memiliki kelebihan seperti berikut :

Kompatibiltas USB 3.0

USB 3.0 kompatibel dengan USB 2.0, sehingga perangkat USB 2.0 tetap akan bisa digunakan di port USB 3.0 dan akan berjalan dengan kecepatan standart USB 2.0. Tetapi tidak bisa sebaliknya, perangkat USB 3.0 tidak bisa bekerja di port USB 2.0.

Dukungan Sistem Operasi

Pada Windows 10,8, Vista, Windows 7 dan linux sudah support USB 3.0 dan Mac akan segera mengikuti. Akan tetapi USB 3.0 Tidak didukung oleh sistem operasi Windows XP.

Kekurangan USB 3.0

Selain mempunyai berbagai kelebihan diatas, interface USB 3.0 juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya sebagai berikut :

Panjang Kabel.

Maksimum panjang USB 3.0 hanya mampu beroperasi di panjang 3 meter (USB 2.0 maksimal 5 meter). kaere ini kemungkinan dengan berkurangnya tegangan listrik di tutunkan untuk efisiensi listrik

Speed Limit

Tidak semua perangkat bisa memanfaatkan penuh kecepatan USB 3.0, Sehingga kecepatan maksimal hanya akan bekerja optimal di device-device terbaru. Tidak akan maksimal pada device lama seperti misalnya Hardisk Magnetik yang terbatas kecepatan perputaran kepingan disk.

Nah demikian tulisan mengenai perbedaan USB 3.0 dan USB 2.0 semoga bermanfaat.