Cara Memperbaiki AKI Kering Yang Rusak (Soak)

Otomotif Trick

by MarahmeraH 63174 views

Cara Memperbaiki AKI Kering Yang Rusak (Soak) Cara memperbaiki aki kering -…

Cara memperbaiki aki kering - Aki merupakan bagian penting dari kendaraan. Karena aki merupakan salah satu sumber kelistrikan untuk menyuplai kelistrikan semua komponen elektronik pada kendaraan. Fungsi aki memang sangat penting salah satunya sebagai penggerak awal untuk menghidupkan mesin mobil maupun motor bahkan sistem penggerak lainya.

Jika aki pada kendaraan anda rusak atau soak maka anda tidak akan bisa menghidupkan kendaraan anda. Selain itu Aki harus dalam keadaan yang prima untuk menjaga kelistrikan kendaraan anda stabil.

Dalam dunia otomotif Aki merupakan sumber listrik bertegangan DC (direc Curent). Aki memiliki terdiri dari 2 kategori yakni aki basah dan aki kering, aki kering sendiri memiliki keunggulan yaitu sebagai baterai MF (Maintenace Free). Aki jenis ini saat ini banyak digunakan oleh industri otomotif di seluruh dunia. Selain perawatanya sangat minim kualitasnya pun mampu bersaing dengan aki basah.

Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak?

Aki kering walaupun memiliki free maintenance, lama berjalanya waktu akan memiliki penurunan tegangan yang dimiliki. Pada dasarnya aki memiliki cairan larutan elektrolit pada aki basah umumnya menggunakan larutan H2SO4 atau larutan antara air dan ion sulfat. Pada aki kering ini agak sedikit berbeda, laritan elektrolitnya menggunakan gel bukan cairan elektrolit seperti Accu Zuur.

Biasanya Aki kering yang mulai soak dikarenakan gel larutan elektrolit yang sudah mulai habis karena penggunaan, bukan berarti aki kering tidak menggunakan cairoan lo ya,.. akan tetapi cairan tersebut ada hanya berbentuk gel.

Berikut Langkah cara memperbaiki aki kering yang mulai rusak atau soak adalah sebagai berikut:

  1. Lepas terminal aki mulai dari terminal negatif kemudian terminal positif dan keluarkan dari dudukan aki pada kendaraan yang anda miliki dengan menggunakan obeng minus atau kunci 10.
  2. Bersihkan bagian AKi terutama pada terminal positif dan terminal negatif dari kerak dengan menggunakan amplas bila perlu dan lap dengan kain bersih.
  3. Buka seal karet penutup aki dengan menggunakan obeng minus, lakukan dengan hati-hati agar karet seal penutup tidak rusak dan tetap dalam keadaan bagus. lihat gambar dibawah.        Cara Memperbaiki AKI Kering
  4. Bersihkan seluruh isi cairan yang ada di dalam aki kering. Hati-hati hindari kontak dengan kuli.
  5. Kuras Isi dalam aki dengan menggunakan air panas dan pastikan benar benar dalam keadaan bersih
  6. Keringkan Aki yang sudah di bersihkan tersebut.
  7. Isi Aki kering anda tersebut dengan Cairan ACCU Zuur sesuai dengan takaran pastikan semua Cell Aki terendam.
  8. Tutup penutup aki tersebut dan rapatkan bila perlu tambahkan lem ( Sealent) untuk mengantisipasi kebocoran.
  9. Ukur tegangan Aki jika Sudah sesuai dengan spesifikasi pasang kembali ke kendaraan anda, jika belum lakukan pengisian tegangan aki dengan cara di charger, atau bisa juga dengan cara jumper Aki.
  10. Lakukan pengecekan kembali dan test jalankan starter kendaraan anda.

Cara memperbaiki aki di atas sudah saya praktekan dan 100% work gan. Jangan lupa pastikan tegangan aki +- 12 Volt. Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara memperbaiki Aki Kering. Semoga bermanfaat... Gasss