Jenis Jenis Ban Motor Pada Umumnya

Otomotif Trick

by MarahmeraH 283 views

Jenis Jenis Ban Motor Pada Umumnya Jenis-jenis Ban motor - Siapa…

Jenis-jenis Ban motor - Siapa yang tidak mengenal “BAN” ? Ban memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan. Pastilah setiap orang mengetahui apa itu ban. Namun apakah anda sendiri sudah mengetahui apa arti dari ban sesungguhnya ? Ban adalah komponen dari sebuah sepeda motor yang melapisi velg pada semua roda. Ban sangat berperan penting pada kendaraan bermotor, yang berfungsi melapisi velg dan mengurangi getaran yang disebabkan permukaan jalan yang tidak teratur. Ketika anda sedang mengendarai sepeda motor anda ban juga akan melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta mengurangi gesekan yang lebih terhadap jalan sehingga kendaraan akan berjalan dengan lancar dan stabil. Ban diproduksi atau dibuat dari karet sintetik. Dalam kendaraan Ban dan velg merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Pada dasarnya ban memiliki berbagai macam model dan bentuk, tergantung tipe kendaraan yang digunakan, seperti ban multi purpose yang disesuaikan dengan kondisi pada berbagai kondisi, cuaca panas dan dingin juga akan mempengarui tipe ban yang digunakan hal ini sering terjadi pada ajang balap motor maupun mobil. Kali ini saya akan menjeleskan kepada anda beberapa jenis ban yang sering digunakan oleh pengendera sepeda motor. Beberapa jenis jenis ban motor itu adalah :

 1.Jenis ban Sport (bukan untuk balapan)

Jenis Ban Sport

Jenis ban sport ini memiliki karakter daya cengkram yang cukup baik sehingga biasanya di gunakan motor gede model sporty. Ban ini mempunyai jarak tempuh kira-kira hanya 1.000 mil (1.600 km). Biasanya ban jenis sport ini memiliki karakter yanh lebih empuk, sehingga mudah terkikis oleh perkukaan jalan. Akan tetapi dengan karakter ini akan lebih memiliki daya cengkram yang sangat baik. Akan tetapi jenis ban ini berbeda dengan ban racing yang sering di gunakan di arena balap perbedaanya Jika pada dasarnya tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada saat  menikung dan ban ini bisa beroperasi pada suhu yang sangat tinggi. Sedangkan untuk ban jenis Sport bukan racing memiliki kemampuan yang sedikit kurang di banding yang ban racing buat arena balap. 

2. Ban Sport Touring

Jenis Ban Sport Touring

Pada jenis ban sport touring memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dari tipe ban sport karena di ciptakan untuk menahan gesekan permuakaan jalan dan berbagai medan jalan.
Karakter ban ini juga lebih keras daripada ban sport sehingga daya cengkramnya lebih kyrang di banding jenis sportg. Namun jenis ban tipe sport toring ini bagus untuk track atau jalanan yang lurus dan jarak yang cukup jauh. 

Ban jenis ini cocok untuk di gunakan untuk kendaraan uanh melintas di antar kota. Seperti layaknya nama nya ban ini sangat cocok Jika anda suka pergi kelua kota atau suka touring antar kota bersama rekan-rekan anda. 

Baca Juga: Sistem Pelumasan Motor 2 Tak

3. Ban Touring

Ban Pure Touring

Biasanya ban jenis touring di buat atau di produksi dengan karakter karet yang lebih keras untuk daya tahan yang lebih lama.

Ban ini memiliki cengkraman yang lebih renda pada suhu yang tinggi karakternya lebih memiliki daya cengkram pada suhu yang rendah, berbeda dengan ban jenis sport dan sport touring.
Ban ini lebih cocok saat do pakai di cuaca yang dingin atau musim dingin, sedangkan tipe ban sport mungkin tidak pernah mencapai suhu operasi optimal jika beroperasi pada musim dingin. Jika di daerah anda memiliki cuaca yang lebih dingin maka sangatlah cocok untuk menggunakan ban jenis ini karen jika menggunakan jenis sport atau sport touring tidak akan mampu bekerja maksimal karena suhu sangat berpengaruh terhadap karakter ban.

4. Ban Cruiser

Ban Jenis Cruiser

Ban jenis cruiser biasa cocok digunakan pada motor bebek yang di gunakan untuk mobilisasi sehari-hari. Ban ini memiliki daya tahan yang bagus karena untuk meningkatkan efisiensi cost untuk pemakaian sehari-hari.

Ban ini memiliki daya cengkram yang kurang di banding dengan ban jenis sport.

5. Ban Scooter

Ban Jenis Scooter

Ban jenis ini di produksi untuk scooter seperti vespa yang beredar di seluruh dunia. Karena ban ini memioiki bentuk yang berbeda dengan ban sepeda motor lainya.

Ban ini merupakan ban tubbles yang lebih awet dibandingkan dengan ban cruiser. Akan tetapi daya cengkram dan gripnya sangat jauh kalah dengan ban cruiser.

6. Ban Off Road

Ban Jenis Offroad

Pada jenis ban offroad memiliki tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkaraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil biasanya tonjolan ini mirip dengan kotak kotak tahu hehe. 

Biasanya digunakan oleh motor cross yang biasa berjalan dijalan yang berlumpur dan berpasir. Ban ini sangat cocok digunakan di pegunungan yang memilik kondisi jalan yang sangat curam. Namun jika anda gunakan Jenis ban off road dijalanan umum akan sangat tidak stabil karena daya cengkaraman dijalanan beraspal sangat tidak baik.

Baca Juga: Sistem Pelumasan Motor 4 Tak

7. Ban Racing

Ban Jenis Racing

Ban racing adalah Jenis ban sport yang sering digunakan untuk balapan. Ban racing dibuat dengan karet yang lebih lembut. Ban ini tidak cocok digunakan di jalan umum karena cepat kehilangan daya cengkram sama dengan hal nya pada jenis ban sport. Dibuat menggunakan bahan karet yang lebih lembut ketimbang tipe ban lain. Pada jenis ban ini tidak cocok digunakan dalam keadaan basah, tidak ada daya cengkram. 

Akan tetapi seiring perkembangan yang semakin maju saat ini terdapat ban racing tipe kering untuk kondisi panas dan ban tacing tipe basah yang di pakai balapan saay kondisi hujan.

Itulah beberapa jenis jenis ban motor yang saya dapat infokan kepada anda. Semoga apa yang saya sudah jelaskan bisa menambah ilmu pengetahuan anda mengenai jenis jenis ban. Agar anda dapat mengetahui jenis dan fungsi dari setiap jenis ban. Dan bagaimana cara merawat ban, karena ini sangat berpengaruh pada keselamatan anda. 

Baca Juga: Cara Menghitamkan Ban Motor yang Kusam Agar Tampak Baru