Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar tetap Bersih dan Kinclong

Otomotif Trick

by MarahmeraH 27171 views

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar tetap Bersih dan Kinclong Merawat Mobil Saat Musim Hujan - Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis, di mana saat menjelang akhir tahun akan terjadi musim hujan. Memiliki kendaraan kesayangan yang membantu kita untuk melakukan mobilisasi terhadap pekerjaan maupun bisnis pribadi mengharuskan kita untuk selalu tampil bersih dan elegan. Menjaga dan merawat mobil saat…

Merawat Mobil Saat Musim Hujan - Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis, di mana saat menjelang akhir tahun akan terjadi musim hujan. Memiliki kendaraan kesayangan yang membantu kita untuk melakukan mobilisasi terhadap pekerjaan maupun bisnis pribadi mengharuskan kita untuk selalu tampil bersih dan elegan.

Menjaga dan merawat mobil saat musim hujan memang berbeda dengan musim kemarau. Untuk pengguna mobil atau kendaraan lainnya memerlukan perhatian ekstra pada saat musim hujan tiba. Curah hujan yang tinggi, bahkan banjir yang terjadi di Indonesia khususnya di ibu kota Jakarta menjadi momok tersendiri terhadap mobil atau kendaraan yang lain. Ini disebabkan karena air hujan dapat mengakibatkan kerusakan bodi mobil atau kendaraan yang lainya. Karat yang akan terjadi akan merusak bodi mobil dengan cepat jika kita tidak memperhatikan dan merawat mobil Saat musim hujan.

Selain menghasilkan karat beberapa kotoran akan menempel yang terkadang akan menggores cat mobil jika tidak memperhatikan sesaat akan mencuci mobil Anda. Perawatan atau pencucian yang salah dapat mengakibatkan mobil tergores. Jangan bingung, lihat dulu tips merawat mobil ketika musim hujan berikut ini.

Lalu Bagaimana Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba?

Hindari Mengeringkan Mobil dengan Lap Secara Langsung

Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Ketika melakukan perjalanan saat hujan ada baiknya setelah sampai di rumah, segeralah bilas mobil Anda dengan air bersih dan keringkan mobil Anda dengan menggunakan lap atau kanebo setelah kotoran yang menempel pada bodi tersiram air bersih.
Hal ini dilakukan supaya saat melakukan pengeringan mobil Anda dengan lap pengering mobil, tidak akan mengakibatkan baret pada cat body mobil Anda. Selain itu akan mengurangi minyak akibat cipratan aspal yang menempel pada mobil Anda sehingga mobil akan tidak cepat kusam dan tetap mengkilap..

Cek Kualitas Wiper

Merawat Mobil Saat Musim Hujan 1

Wiper merupakan komponen aksesoris yang sangat penting bagi mobil saat berkendara ketika musim hujan, karena dengan adanya wiper yang bagus, maka pandangan Anda tidak akan terganggu dengan kinerja wiper yang masih mempunyai kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan selain akan melindungi kaca dari goresan wiper yang kotor atau sudah usang, akan menyapu air guyuran hujan dengan sempurna tanpa melukai permukaan kaca depan Anda.

Anda dapat mengecek karet wiper apakah masih bagus atau tidak dengan cara pastikan permukaan karet wiper masih terlihat bagus dan cek kelenturan wiper. Jika permukaan karet wiper sudah banyak yang gompal atau tidak rata dan sudah mulai kaku, maka sebaiknya segeralah ganti karet wiper Anda atau langsung di ganti wiper set Anda dengan yang baru.

Simpan Mobil Anda dengan baik Menggunakan Sarung Mobil

Merawat Mobil Saat Musim Hujan 2

Untuk menjaga keadaan bodi mobil Anda dengan baik ketika musim hujan, sebaiknya saat Anda parkir di garasi simpan mobil Anda dengan menggunakan sarung mobil. Selain akan melindungi dari debu dan air tampias hujan sarung mobil ini juga akan melindungi dari embun pagi sehingga mobil akan selalu kering dan bersih dari kotoran.

Apalagi jika Anda menyimpan mobil Anda tanpa memiliki garasi “parkir di bawah pohon” akan melindungi dari kotoran hewan atau burung yang jika tidak segera dibersihkan akan mengakibatkan cepat rusaknya cat bodi mobil Anda bahkan akan cepat terjadi korosi.

Merawat Interior Mobil Agar Tidak Lembab

Merawat Mobil Saat Musim Hujan 3

Menjaga interior mobil memang sangat penting, karena efek buruk yang akan terjadi jika kita tidak merawatnya dengan baik. Interior mobil yang lembab akan menciptakan bau yang tidak sedap. Alih-alih kita kan bepergian bersama dengan keluarga menikmati perjalanan yang menyenangkan, tentu akan sayang disayangkan jika tiba-tiba bau yang tidak sedap akan mengganggu perjalanan Anda.

Saat setelah Anda gunakan kendaraan ketika hujan pastikan dan cek karet-karet mobil Anda masih bekerja dengan baik, pastikan air tidak mengendap ke bagian sela sela karet pada mobil Anda, atau bahkan cek karpet maupun dasar alas karpet Anda apakah basah, atau terjadi genangan karena bocor, segeralah keringkan dan cari penyebabnya biasanya ini sering terjadi juga di bagian bagasi mobil anda, maka seringkan cek bagasi anda karena merawat bagasi mobil juga sangat penting. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, akan membuat jamur bahkan akan mengakibatkan korosi yang berlebih pada mobil Anda.

Rawat dan Selalu cek dan Membersihkan Bagian Mesin Mobil

Merawat Mobil Saat Musim Hujan 4

Membersihkan seluruh isi kap mesin mobil memang tidak mudah, akan tetapi ini sangat penting untuk menanggulangi beberapa komponen ataupun baut yang terbuat dari metal tidak mudah karat. Karena jika salah satu baut yang mengikat pada bagian komponen mesin mobil terjadi karat akan membuat mekanik sulit untuk melakukan maintenance atau penggantian spare part menjadi lebih cepat dan mudah jika tidak terjadi karat.

Jika terasa sulit untuk melakukan perawatan pada bagian mesin mobil supaya tetap bersih dan terjaga, Anda bisa melakukan ini ke salon mobil atau datang ke tempat pencucian mobil. Selain akan terlihat rapi dan bersih dengan pemeliharaan mesin ini juga menjadi penilaian utama saat mobil Anda akan dijual kembali.

Sebaiknya untuk melakukan perawatan ini cukup dengan menjaga kebersihan bagian mesin mobil Anda, jangan Anda menambahkan cairan atau silicon oil terhadap bagian mesin Anda supaya terlihat mengkilap. Hal ini sebenarnya tidak dianjurkan, karena akan memancing debu menempel pada bagian mesin, dan debu kotoran tersebut akan menjadi kerak jika lama tidak dibersihkan karena suhu panas mesin. Hal ini akan semakin menyulitkan Anda untuk membersihkannya.

Merawat dan Cek kaki-kaki Mobil

Pengecekan kaki-kaki mobil sangat diperlukan dalam perawatan mobil ketika musim hujan tiba, karena jalanan basah dan licin akan mengalami kontak langsung dengan kendaraan kita khususnya ban mobil. Periksalah ban mobil apakah masih layak digunakan untuk berkendara, pastinya kondisi jalanan yang basah dan licin lebih memerlukan ban yang memiliki performa yang baik. 

Begitu juga suspensi mobil juga sangat perlu diperhatikan karena ini berhubungan langsung dengan ban mobil anda, jika memiliki suspensi yang baik maka berkendara akan semakin nyaman dan pastinya akan lebih menunjang keselamatan berkendara.

Lapisi Rawat Cat Mobil Anda dengan Pelindung

Merawat Mobil Saat Musim Hujan 5

Selain melakukan pencucian dengan baik dan tepat melakukan pelapisan cat bodi mobil Anda sangat perlu untuk membantu menunjang supaya keadaan mobil tetap selalu bersih, kelihatan mengkilap dan elegan. Hal ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni:

  • Lapisi Cat mobil dengan pelindung silicon seperti wax, atau silicone oil yang banyak beredar di pasaran bahkan banyak di online shop. Pelapisan ini dapat dilakukan pada saat setelah mobil selesai dicuci dan dikeringkan. Caranya adalah dengan menggunakan lap halus dan usapkan pada bagian bodi mobil dan merata kemudian lap sampai kering.
  • Dengan cara melakukan pelapisan mobil dengan coating atau pelapis khusus yang bersifat semi permanen yang akan membuat cat bodi mobil Anda lebih terkesan selalu basah dan mengkilap. Pemakaian lapisan bodi mobil dengan coating ini memang lebih mahal dibanding dengan menggunakan cairan pelapis biasa seperti silicon oil, dan pemasangannya pun biasanya dilakukan di car care atau salon mobil.

Dengan memberikan pelapis bodi ini akan lebih mudah saat Anda akan mencuci mobil Anda, karena kotoran yang menempel akan mudah hilang saat dibasuh dengan air. Sehingga akan mempermudah Anda untuk mencuci dan membersihkan mobil Anda.

Demikian cara merawat dan menjaga mobil saat musim hujan, untuk penggantian sparepart seperti karet wiper, wiper, cairan pembersih seperti pelapis silicon oil (wax) bahkan kelengkapan aksesoris dan spare part mobil yang murah Anda bisa cari di Shopee salah satu online shop terlengkap dan termurah di Indonesia. Semoga membantu. Salam otomotif.