Penyebab AC Mobil tidak dingin dan Cara Mengatasinya

Service AC
Loading...
Service AC

Service AC

Penyebab AC Mobil tidak dingin dan Cara Mengatasinya – Mengalami kendala AC mobil tidak dingin merupakan hal yang sangat mengganggu, karena AC mobil sangat di perlukan selain untuk mendinginkan mobil saat digunakan di dalam cuaca yang panas juga berfungsi untuk meredam embun saat berkendara di musim hujan.

Tak bias dibayangkan jika kita berkendara padaterik matahari yang panas, rasa gelisah dan hati tak nyaman pun akan menyelimuti kita saat melakukan perjalanan yang penting saat dinas kerja atau saat berlibur dengan keluarga. AC mobil tidak dingin juga akan menggangu pandangan di depan saat berkendara ketika hujan datang. Hal ini sangat membahayakan pengendara karena selain merasa panas di dalam juga akan mengakibatkan kaca depan mengalami pengembunan yang akan sangat beresiko bagi penumpang.

Di Indonesia memiliki cuaca yang sangat panas karena terletak di dekat garis katulistiwa yang mengakibatkan suhu pada saat siang hari mencapai diatas 32 derajat celcius, bahkan diperkotaan seperti Jakarta terkadang mencapai 37 derajat celcius. Tak nyaman jika berkendara dengan keadaan cuaca panas ini ketika AC Mobil tidak dingin.

Penyebab AC Mobil tidak dingin dan cara Mengatasinya

AC Mobil tidak dingin mempunyai banyak factor penyebabnya, baiknya anda memeriksanya ke bengkel langganan anda atau berusaha mencari sumber penyebab sendiri karena kerusakan ini ada yang butuh penanganan seorang specialist dan ada pula penyebab ringan yang bias kita atasi sendiri. Berikut ini kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan AC mobil tidak dingin dan cara mengatasinya:

  1. Kaca Film kurang Maksimal

    Hal ini memang sangat sepele, akan tetapi pengaruh kaca film yang kurang maksimal akan membuat Dinginya AC pada mobil anda tidak akan mendinginkan mobil anda secara sempurna karena sinar terik matahari tidak akan terfilter oleh kaca film ini dengan maksimal. Pastikan anda menggunakan kaca film yang berkualitas untuk meredam terik matahari yang akan masuk langsung kedalam mobil anda.

  2. Jalur AC di Dashboard Bocor

    Jalur Ac di dashboard jika kotor akan menyebabkan Udara yang dingin dari system AC yang dihembuskan ke kisi-kisi AC berkuarang sehingga Udara dingin yang keluar akan tersebar tidak akan tertuju ke bagian yang membutuhkan.

  3. Freon Kurang

    Freon yang berkurang terkadang akan membuat switch pemutus ac bekerja dengan tidak baik, sehingga kompresor AC tidak aktif dengan seharusnya yang akan membuat kinerja system pendingin AC bekerja kurang maksimal. Freon ini pada dasarnya tidak akan berkuarang atau bahkan habis kecuali terdapat kebocoran di jalur ac tersebut. Biasanya kebocoran terjadi pada seal O-Ring yang sudah mengeras sehingga akan mengakibatkan kebocoran.

  4. Filter AC Kotor

    Filter Ac ini biasanya terdapat pada kabin mobil anda tepatnya di dashboard penumpang bagian depan, filter ini berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran. Jika filter ini sudah sangat kotor segeralah diganti karena kan menyumbat hembusan AC yang menuju kisi kisi AC pada dashboard.

  5. Kondensor Kotor

    Karena posisi kondensor tepat berada di depan, bahkan di depan radiator kondensor ini rentan akan kotoran yang menempel. Pastikan kisi-kisi kondensor terhindar dari kotoran yang menempel, karena kondensor ini berfungsi mendinginkan Udara panas hasil sirkulasi AC.

  6. Extra Fan Lemah/Mati

    Extra Fan ini sangat berperan pada system pendingin AC mobil karena berfungsi untuk membantu mempercepat pendinginan pada kondensor. Jika Extra Fan ini mati selain berdampak AC Mobil tidak akan bekerja dengan maksimal, akan mengakhibatkan mesin mobil anda cepat panas bahkan juga bias mengakhibatkan Over Heat. gak kebayangkan gara-gara extra Fan mati harus turun mesin.

  7. Evaporator Kotor/Bocor

    jika evaporator kotor banyak debuyang menempel karena penyaringan filter tidak maksimal, maka dingin yang akan dihembuskan oleh blower AC tidak akan maksimal karena tertutup oleh kotoran yang menempel pada evaporator AC, dan jika evaporato bocor makan Freon akan cepat habis sehingga system AC tidak akan bekerja dengan maksimal bahkan jika sampai Freon habis system AC benar-benar tidak akan berfungsi.

  8. Katup Ekspansi Mampet

    Jika terjadi mampet pada katup ekspansi ini maka perubahan bentuk refrigerant dari refrigerant cair yang akan di kabutkan tidak akan terjadi dengan sempurna sehingga pengabutan Freon pun tidak akan maksimal. Selain itu berfungsi untuk menurunkan suhu Freon AC Mobil pada siskulasi system pendingin AC mobil, setelah gas Freon dipompa oleh kompresor, jadi jika terjadi mampet pada katub ini system pendingin tidak akan berjalan maksimal.

  9. Instalasi Jalur AC rusak

    Jika Instalasi jalur AC rusak ini alangkah lebihbaiknya anda melakukan pengecekan ke bengkel Spesialist AC karena ini sangat rumit. Jika Instalasi jalur AC rusak atau bocor pastinya AC tidak akan bekerja dengan baik.

Point-point diatas adalah beberapa kemungkinan penyebab AC mobil tidak dingin, beberapa diantaranya ada yang bisa dilakukan sendiri dirumah jika hanya mengalami kerusakan yang ringan contohnya penggantian filter AC. Untuk itu mungkin ringkasan ini bias anda gunakan untuk mendiagnosa awal apakah problem AC tidak dingin pada mobil anda perlu dibawa ke bengkel specialist AC atau tidak. Bahkan mungkin dengn pengetahuan ini anda mempunyai sedikit gambaran agar anda PD saat membawanya kebengkel AC dan tau pasti mana yang memang kemungkinan mengalami kerusakan. Juga hati-hati ketika musim hujan, karena merawat mobil ketika musim hujan sangat di perlukan, apalagi untuk sistem pendingin AC ini, banyak diantara kendaraan kompresor  pada sistem pending AC mobil berada di kab mesin bagian bawah. jadi hati-hati saat melintas di area banjir. Karena kemungkinan akan cepat rusak jika terkena genangan air hujan.

Loading...

Baca Juga: Tips Mencegah AC Mobil Mempunyai Bau tidak Sedap

Kesimpulan

Untuk menjaga system pendingin AC pada mobil anda agar awet dan tahan lama lakukan pengecekan secara rutin secara berkala 4 bulan sekali atau 3 bulan sekali jika pemakaian memang padat, untuk menghindari kerusakan fatal yang terjadi pada system pendingin AC pada mobil anda. Saat yang tepat Menyalakan AC mobil juga sangat berpengaruh terhadap usia AC mobil

Demikian ulasan mengenai Penyebab AC Mobil tidak dingin dan cara Mengatasinya, semoga membantu dan tetaplah lakukan perawatan mobil anda dengan baik dan benar, salam marahmerah.

Loading...