Penyebab AC Mobil tidak dingin Hanya Keluar Angin

AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin
Loading...

Tiba -Tiba AC mobil tidak dingin hanya keluar angin, Apa yang terjadi?

Sangat menggangu apabila kita dalam keadaan perjalanan jauh merasakan panas akibat AC mobil tidak dingin hanya keluar angin saja. Bagaimana akan merasakan nyaman diperjalanan apabila mendapat keadaan yang seperti ini. Untuk orang dewasa sih mungkin masih bisa di antisipasi. Akan tetapi jika membawa balita dan jika terjadi turun hujan pasti akan sangat menjadi masalah. Lalu apa yang menjadi penyebab AC MObil tidak dingin ini mari kita simak beberapa yang harus di ketahui di bawah ini.

AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

1. Filter Kabin Kotor

Filter kabin berfungsi untuk menfilter udara yang berada di dalam kabin. Sehingga sering menggunakan mobil dengan keadaan jendela di buka akan menyebabkan filter kabin mudah kotor dan akan menyumbat sirkulasi udara. Filter kabin di rekomendasikan melakukan pergantian setiap 16000 KM. Agar dapat menjaga sirkulasi udara di dalam kabin dengan baik, sehingga AC mobil akan selalu dingin.

2. Freon Habis Karena ada Selang yang Bocor

Freon Ac di mobil akan selalu bersirkulasi pada sistem AC, pada dasarnya freon ini tidak akan habis yang artinya jika ac mobil di cek mengindikasikan freon habis artinya terdapat kebocoran pada sistem AC tersebut. Freon yang kurang atau habis akan menimbulkan gas yang di keluarkan oleh katup ekspansi menjadi kurang, Dengan ini maka udara dingin dari sistem AC yang akan di hembuskan ke blower AC menjadi minim. Sehingga dengan hal ini yang akan keluar ke kisi-kisi AC di dashboard menjadi tidak dingin hanya sekedar seperti angin saja.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Rusak

3. Belt Putus Sehingga puli kompresor tidak berputar

Kompresor AC ini di gerakkan oleh belt dari putaran mesin melalui puli poros engkol yang di hubungkan ke puli AC, power streering,water pump dan alternator melalui belt. Sehingga jika belt yang menghubungkan ke puli kompresor putus maka putaran kompresor tidak akan terjadi, sehingga sistem AC mobil pun tidak akan berjalan untuk mendinginkan kabin mobil anda.

Jika belt putus akan mengindikasikan beberapa masalah, seperti overheat jika belt putus yang menghubungkan ke wate pum, Pengisian Aki mobil tidak bekerja jika belt Alternator yang putus, dan steer mobil akan menjadi berat jika belt power steering yang putus.

Bisa di cek di panel lampu dashboard jika belt dari puli poros engkol tidak bekerja, biasanya indikator AKI tidak mengisi akan menyala, segeralah cek dan pastikan bahwa belt dan puli pada sistem pendingin tetap bekerja dengan baik.

4. Sekering AC Putus Karena Arus Pendek

Terjadinya konsleting pada sistem kelistikan sering terjadi, biasanya mobil yang sudah di modifikasi akan adanya penambahan asesories sehingga banyak penyambungan atau perubahan kelistrikan pada dashboard mobil anda.

Jika di ketahui AC tidak bekerja dan di temukan Fuse atau sekering putus, maka segeralah bawa mobil anda kebengkel, karena jika tidak resiko akan terjadinya konsleting listrik yang berlebih akan berakibat fatal, bisa mengakibatkan mobil terbakar.

Loading...

5. Rusaknya Thermistor AC

Thermistor berfungsi sebagai peraba suhu yang terdapat pada evaporator, untuk menjaga suhu dingin supaya tidak menjadi terlalu dingin hingga menjadi beku, Sehingga suhu dari kompresor akan tetap terjaga dan supplay dingin yang akan di hembuskan ke kisi-kisi AC oleh blower akan selalu dingin.

6. Magnetic Clutch pada Kompresor AC Rusak

Magnetic Clutch ini berfungsi untuk menghubungkan putaran dari puli oleh belt ke Kompresor AC mobil anda, maka jika terjadi kerusakan pada magnetic clutch AC mobil anda tidak akan bekerja dengan baik karena kompresor AC tidak bekerja.

Baca Juga: Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Rusak atau Lemah

7. Evaporator Kotor

Evaporator berfungsi sebagai penerima proses pengembunan gas pendingin dari kompresor oleh freon yang akan di teruskan ke kisi-kisi AC mobil pada dashboard melalui hembusan blower AC. Jika terjadi penumpukan kotoran pada evaporator, maka udara dingin akan terhalang oleh kotoran yang mengakibatkan udara dingin yang akan di hembuskan ke kisi-kisi AC kurang maksimal.

8. Kompresor Aus

Kompresor AC mobil anda jika telah aus maka biasakan mengeluarkan indikasi tanda tanda yang tijak wajar. Ada beberapa yang mengeluarkan bunyi ngorok. Atau bisa di cek pada dryer filter yang mengalami kehitaman dapat terlihat di sight glass nya.

9. Suhu Mesin Terlalu tinggi

Suhu mesin terlalu tinggi biasanya terjadi pada saat melakukan perjalanan sangat jauh tanpa melalukan istirahat yang cukup, layaknya manusia walaupun mesin juga mempunyai titik lelah juga. Hal ini sangat membahayakan selain akan mengakhibatkan mesin mobil bisa Over Heat juga akan membuat Kompresor AC mobil yang mengirimkan udara dingin ke dashboard cepat aus, dan bagi pengendara sendiri pun akan berakibat fatal jika tidak di perhatikan.

Istirahat dalam perjalanan jauh sangat di perlukan selain untuk menjaga kondisi pengendara dan penumpang tetap dalam keadaan yang baik juga merupakan salah satu perawatan mobil yang baik untuk tetap menjaga kendaraan supaya tidak cepat aus komponen komponenya.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Rusak

10. Kerusakan pada Resistor Variable

Resistor ini berada di sekitar switch on/off AC mobil, dan berfungsi untuk pengaturan laju kecepatan putar blower AC Mobil anda. Jika rusak maka putaran yang terjadi tidak beraturan jika putaranya kecil maka hembusan udara dingin tidak akan terkirim dengan maksimal.

Demikian beberapa penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Sebaiknya selalu lakukan perawatan mobil anda secara berkala baik pada sistem pendingin bahkan pada sistem penggerak atau mesin. Sehingga mobil anda kan selalu tetap prima dan siap kapanpun membantu perjalanan anda. Semoga membantu..

Loading...