Penyebab Air Radiator Mobil Cepat habis

Air Radiator Mobil Cepat Habis
Loading...

Air Radiator Mobil Cepat Habis

Penyebab berkurangnya air radiator atau coolant radiator mobil cepat habis ada beberapa faktor, kali ini marahmerah.com akan menulis tentang masalah air radiator mobil dan beberapa factor Penyebab Air Radiator Mobil Cepat habis.

Faktor Penyebab air radiator cepat habis

Berikut adalah beberapa faktor penyebab air radiator selalu berkurang dan beberapa hal yang perlu perhatikan ketika menemui coolant atau air radiator mobil selalu kurang.

1. Cek tutup radiator

biasanya tekanan tutup radiator sudah melemah atau memang anda menggunakan tutup radiator yang tidak sesuai speaifikasi. Tutup radiator melemah karena kerusakan pada karet pada tutup radiator sehingga air radiator akan lebih cepat habis mengalir ke tabung air cadangan sebelum sebelum waktunya. Yang artinya tekanan pembukaan klep atau dengan kata lain pressure valve terbuka sebelum tekanan pressure valve pada tutup radiator tercapai.

Tutup radiator ini sangat berperan penting pada sistem pendingin radiator. Karena tutup ini selain sebagai penutup upper tank radiator juga berfungsi di titik didih tertentu dia akan membuka dan mengalirkan radiator ke tabung cadangan air radiator untuk melepas panas berlebih. Sehingga jangan abaikan tutup radiator karena fungsinya sangat penting bukan cuma sekedar penutup saja. Tutup radiator mempunyai beberapa tipe ukuran, pastikan radiator anda menggunakan tutup radiator sesuai dengan spesifikasinya.

Baca Juga: Umur Normal Ban Mobil, Yang perlu di ketahui

2. Terdapat tetesan air radiator (terdapat rembesan air)

untuk hal ini biasanya terjadi tetesan atau rembesan dari slang-slang radiator atau saluran air pendingin mesin, tetesan air ini mungkin tidak akan tetlihat kencang saat mesin belum hidup atau masih dingin akan tetapi jika temperatur mesin mulai panas dan tekanan mulai tinggi pastinya tidak akan menetes lagi akan tetapi semakin deras.

Walaupin jika sedikit demi sedikit keluar saat mesin dihidupkan akan tetapi jika di pergunakan pada perjalanan jauh atau dalam kondisi macet air radiator akan cepat berkurang. Problem air radiator mobil bocor atau air radiator cepat habis adalah masalah umum yang sering ditemui seiring usia kendaraan yang makin tua. Radiator mempunyai beberapa bagian pendukung yang perlu diperhatikan terutama pada bagian yang rentan akan kerusakan karena beberapa ada yang menggunakan material plastik seperti upper tank.

Biasanya bahan material bukan logam akan terlebih dulu mengalami kerusakan akibat air panas yang berlebih secara terus menerus, Kemudian bagian lainya seperti water inlet atau rumah Waterpump sebagai pompa air untuk sirkulasi air radiator pun tidak terlepas dari penyebab bocor air radiator mobil jika mengalami kerusakan. Biasanya jika terjadi kebocoran pada water pump akan sedikit sulit untuk di temukan, akan teyapi pastikan jika memang benar benar tidak bocor pada bagian ini.

Loading...

Selalu cek juga kondisi selang-selang radiator apakah masih bagus atau tidak, ini bisa di lihat pada keadaan selang jika kita cek kelihatan agak keras karena harusnya lentur bukan kaku. Jika selang-selang radiator sudah mulai kaku maka pada sambungan selang biasanya rembes atau bocor karena klem untuk mengikat selang. sudah tidak bisa maksimal.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil tidak dingin dan Cara Mengatasinya

3. Putaran kipas radiator lemah

biasanya jika kipas radiator lemah maka putaran yang dihasilkan pun tidak maksimal yang membuat hembusan udara untuk mendinginkan air di kisi kisi radiator tidak sempurna. Untuk kipas radiator elektrik biasanya terjadi kerusakan pada motor listrik listriknya, segera lakukan penggantian yang baru jika ini terjadi.
Berikut ini beberapa faktor penyebab putaran kipas radiator lemah :

  1. Gulungan kawat pada motor mulai terlihat hangus,
  2. Komutator habis terkikis (carbon brush)
  3. Magnet pada motor cooling fan bergeser,
  4. Relay tambahan (bukan relay bawaan), sudah tidak bekerja dengan baik periksa sambungannya terkadang skun sambungan mulai kotor atau kendor (ada beberapa kendaraan yang tidak memakai relay ini)

4. Kebocoran pada kompresi mesin,

Kebocoran ini biasanya yidak terlihat kasap mata. Biasanya ini terjadi bila mesin sudah mulai susah untuk di hidupkan, karena ruang bakar terisi dengan air radiator. Basanya hal ini bisa dilihat saat tutup radiator dibuka sambil mesin hidup air pada lubang tempat tutup radiator akan muncrat atau bahkan saat di gas dengan tpm tinggi air radiator akan menyembur keatas dengan deras. Biasanya juga terdapat gelembung yang tidak mau berhenti.

Kebocoran pada gasket kepala silinder atau pada kop mesin ini tidak terlihat secara fisik, gapi akan mengakibatkan air radiator cepat habis, akan tetapi bisa dilihat dari gejala mesin terkadang mrebet, atau busi terlihat basah dan oli mesin terlihat bercampur dengan air dan kadang jika parah oli akan berubah warna menjadi putih susu.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Rusak

5. Coolant atau air radiator tidak bersirkulasi

Jika hal ini terjadi maka sistem pendingin mesin tidak akan bekerja dengan baik, hal ini bisa terjadi jika thermostat tidak membuka saat temperatur kerja mesin sudah tercapai, sehingga temperatur mesin akan cepat panas dan air radiator cepat habis, jika ini juga akan menjadi penyebab mesin overheat.

Hal lain yang menyebabkan sirkulasi tidak berjalan dengan baik adalah karena radiator tersumbat kerak-kerak kotoran akhibat pemakaian air radiator yang tidak berkualitas, atau memang kendaraan yang sudah berumur.
Air radiator yang selalu berkurang, sebaiknya anda periksakan ke bengkel kepercayaan anda karena ada beberapa penyebab yang memang tidak bisa di tangani sendiri. Selalu lakukan perawatan mobil secara berkala dan pastikan pemeriksaan halhal yang bisa di lakukan sebelum mengendarai untuk menghindari mobil kepanasan atau overheat dan sebagainya.

Loading...