Penyebab Kompresor AC Rusak

Penyebab Kompresor AC Rusak
Loading...

Penyebab Kompresor AC RusakPenyebab kompresor ac rusak terJadi karena beberapa faktor. Kompresor ac mobil merupakan salah satu komponen utama dari sistem pendingin AC Mobil. Jika kompresos ac tidak bekerja dengan maksimal maka freon tidak dapat di kompresi. Akibatnya yang terjadi AC mobil tidak dingin. Banyak orang beranggapan bahwa jika AC mobil tidak dingin adalah tanda freon ac habis. Namun kenyataanya tidaklah selalu demikian.

Penyebab Kompresor AC Rusak

Berikut ini adalah ulasan beberapa factor penyebab kompresor ac rusak. Marahmerah.com akan mengulas menjadi beberapa bagian agar lebih jelas dan mudah untuk di pahami.

Kerusakan pulley atau pressure plate

Penyebab kompresor ac rusak ini juga di indikasikan kerusakan pada Pulley dan pressure plate, dimana ini merupakan komponen yang menghubungkan putaran mesin ke kompresor ac mobil melalui belt. Komponen ini berfungsi sebagai penerima putaran mesin secara langsung melalui belt untuk menggerakkan kinerja kompresor. Pulley kompresor akan berputar dari tenaga mesin melalui perantara belt ini dan akan di teruskan ke pergerakan mekanisme kompresor yang akan menghasilkan kompresi tinggi. Kompresi inilah yang akan mendorong freon untuk bersirkulasi. Freon akan bergerak bersirkulasi karena terdorong oleh kompresi kompresor mengalir menuju expansi dan evapurator yang akan menghasilkan suhu yang dingin.

Apabila pulley dan pressure plate mengalami kerusakan (telah aus) pastinya kompresi pada kompresor tidak akan maksimal karena putaran yang dihasilkan tidak sesuai yang ditentukan. Hal ini merupakan salah salah satu kompresor dimana dikatakan kompresor rusak karena kompresinya kurang. Ciri ciri ini biasanya di indikasikan ketika anda menghidupakan ac mobil, terdengar bunyi kompresor yang berisik atau tidak wajar.

Kompresor kekurangan oli.

Kompresor AC mobil merupakan komponen layaknya komponen mesin pada umumnya yang memerlukan pelumasan untuk mendapatkan kinerja yang maksimal. Kompresor ini terdiri dari piston, seal, dan part penunjanh lainya yang bergerak secara mekanis dari putaran mesin yang terhubung dengab pulley dan di pisahkan oleh magnetic clutch yang bisa di atur waktu kapan aktifnya.

Oleh karena itu jika Pelumas oli kompresor berkurang maka kinerja yang dihasilkan tidak maksimal dan mengakibatkan gesekan yang berlebih sehingga part di dalam kompresor akan cepat rusak. Jika tidak segera di tangani kompreaor yang anda miliki tidak akan bertahan lama. Untuk pengisian pelumas oli pada kompresor AC mobil pun memiliki ukuran masing masing, pengisian ini tidak boleh kurang atau berlebih.

Jika Oli berkurang maka gejala yang ditimbulkan biasanya kompresor ini memiliki bunyi yang tidak wajar, Jika terjadi hal demikian segeralah bawa mobil anda ke bengkel AC terdekat untuk pengecekan lebih lanjut apakah perlu kuras freon dan skalian. Karena kompresor AC ini memiliki peran yang sangat penting untuk proses pendinginan kabin mobil. Jika tidak bekerja dengan normal maka yang terjadi AC mobil tidak dingin.

Pengisian Freon tidak tepat ukuran

Ketika AC mobil tidak dingin, seringkali orang beranggapan karena kekurangan freon pada sistem pendingin AC. Pastikan dahulu jika kan menambah freon cek dengan manometer freon AC. Karena jika freon yang di tambahkan justru berlebihan kemungkinan akan menjadi penyebab kompresor ac rusak hal ini kerena kinerja kompresor memiliki beban yang lebih.

Loading...

Untuk mengantisipasi hal ini hendaknya hindari penambahan freon yang berlebihan. Ukur dan pastikan pengisian freon sesuai takaran agar sirkulasi freon bekerja maksimal. Karena jika terlalu penuh akan membebani kinerja kompresor itu sendiri dan mesin pun akan terasa lebih berat. Hindari juga kondisi freon yang terlalu sedikit, dan pastikan pula Hindari pengisian freon yang terlalu banyak.

Baca Juga: Tips Mencegah AC Mobil Mempunyai Bau tidak Sedap

Penyumbatan Pada Jalur Freon

Ketika AC mobil aktif, Freon akan selalu bersirkulasi pada sistem pendingin ac mobil. Sirkulasi freon ini akan melewati beberapa komponen penunjang seperti pipa dan part-part lainya. Pastikan terhindar penyumbatan pada jalur sisrkulasi freon. Karena, dengan penyumbatan pada jalur sirkulasi freon ini akan menjadi penyebab kompresor ac rusak.

Jalur freon yang tersumbat mengakibatkan freon tidak bersirkulasi secara sempurna. Dampak buruk yang dialami kompresor pun akan semakin berat, artinya kinerja kompresor akan semakin berat pula. Sehingga cepat atau lambat akan menyebabkan kerusakan kompresor ac mobil. agar tidak ada penyumbatan pada jalur freon ac mobil, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala di bengkel AC kepercayaan anda.
Faktor Usia.

Kompresor ac merupakan part mekanik yang selalu bergerak. Dengan berjalanya waktu akan terjadi keausan yang tidak bisa di hindari sehingga jika perawatan yang dilakukan tidak baik maka umur kompresor anda juga tidak akan bertahan lama. Biasanya yang sering bermasalah adalah pada magnetic clutch nya karena komponen ini sering terjadi gesekan secara langsung untuk meneruskan putaran dari pulley ke kompresor AC mobil anda. Baiknya selalu di pahami juga  Saat yang tepat menyalakan AC mobil. Jika terjadi kerusakan pasa magnetic clutch ini biasanya di ganti dengan yang baru karena komponen ini juga banyak dijual terpisah dengan kompresor.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Ketika Musim Hujan

Demikianlah ulasan tentang penyebab kompresor ac rusak. Ciri ciri kompresor rusak atau lemah juga dapat anda baca untuk pengetahuan suapaya anda tidak terlalu panik jika mendapat kendala di perjalanan. Semoga sangat bermanfaat. Selalu jaga kondisi mobil anda agar tetap awet dan dan selalu nyaman.

Loading...