Perbedaan Motor Matic dan Motor Bebek

Motor Matic Vs Motor Bebek
Motor Matic Vs Motor Bebek

Dalam perkembangan pesat dunia industri saat ini, menyebabkan berbagai perubahan dan kecanggihan terutama dalam dunia otomotif. Seiring dengan kesibukan setiap orang yang selalu menginkan kenyamanan dalam berpergian, banyak dari mereka yang mencoba untuk dapat memilki kendaraan bermotor yang menurut mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di sini, saya akan memaparkan sedikit informasi bagi mereka pengguna kendaraan bermotor. Mungkin banyak yang masih belum mengenal perbedaan antara motor bebek sama matic. Apalagi, tentunya bagi mereka yang sedang berniat untuk memiliki motor baru, sehingga bingung menentukan motor mana yang memang dirasa cocok untuk aktifitas keseharian mereka masing- masing. Berikut ini perbedaan antara motor bebek dengan motor matic.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Skuter Listrik Ford Ojo Electric

Perbedaan pada bodi

Perbedaan ini merupakan hal mendasar yang dapat kita lihat pada kedua jenis motor di atas. Kalian tentunya telah mengetahui bahwa bentuk atau bodi yang dimiliki kedua jenis motor tersebut memang beda. Motor matic memang memilik desain bodi yang lebih kecil (pendek) dari jenis motor lain. Hal ini bisa kita amati salah satunya dari ukuran roda dan awak motornya. Selain itu, jenis motor ini juga ringan ketika dikendarai. Sehingga tidak heran jika motor matic menjadi pilihan bagi kaum perempuan dibanding dengan motor lainnya.

Berbeda dengan motor bebek, sebenarnya jenis motor ini umumnya dipakai bagi orang dewasa yang memang lebih memilih motor yang berukuran sedang. Motor ini sangat cocok bagi mereka jika dilihat dari kesibukan mereka dalam berpergian dan berpindah tujuan. Namun, belum tentu pengguna motor bebek hanyalah orang tua saja, banyak juga dari kalangan anak muda yang menyukai motor jenis ini.

Baca Juga: Motor Honda Terbaru 2018

Perbedaan transmisi

Perbedaan Motor Matic dan Motor Bebek berikutnya adalah terletak pada jenis transmisinya. Prosos transmisi pada kendaraan bermotor terbagi menjadi dua, manual dan otomatis. Dalam hal ini, motor bebek masih menggunakan transmisi manual untuk mengoper “gigi” atau gear. Sedangkan pada motor matic menggunakan transmisi yang diproses secara otomatis. Memang terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri dari kedua jenis ransmisi ini. motor matic memanglah sangat nikmat dan nyaman ketika digunakan karena sstem pada penggerak rodanya berjalan secara otomatis. Istilah ini biasa disebut Continuosly Variable Transmission (CVT) dengan sistem tanpa perpindahan gear tanpa proses manual. Namun, dibalik kenyamana dalam berkendara, sebenranya dalam sistem pengereman, transmisi jenis matic atau otomatis cenderung lebih berbahaya karena tingkatan pengereman kurang baik apalagi ketika si pengguna rem mendadak. Selain itu, ketika pengendara berada pada jalanan turun, mereka akan merasa seperti meluncur

Sedangkan pada motor bebek mengharuskan penggunanya melakukan perpindahan gear secara manual. Hal ini dilakukan ketika pengguna akan menambah tenaga atau kecepatan mesin motor. Memang hal demikian akan lebih memakan tenaga dan lebih merepotkan jika dibandingkan dengan jenis matic tetapi tingkat bahaya yang diakibatkan sangatlah kecil karena dari segi pengereman pun lebih ringan dan efektif karena dibantu dengan rem mesin.

Baca Juga: 5 Motor Yang Cocok untuk Perempuan

Perbedaan pemakaian bahan bakar

Berpindah dari segi konsumsi bahan bakar, kalau kita amati memang motor bebek lebih efisien jika dibandingkan dengan motor matic. Motor matic akan lebih boros apalagi ketika berkendara pada jalan menanjak. Hal ini dikarenakan berlangsung otomatisnya pada perputaran gear, jadi mesin terkesan ditarik secara paksa. Berbeda pada jenis motor bebek, dengan adanya perputaran gear secara manual maka transmisi posisi gear akan berjalan lancar tanpa harus adanya paksaan tarikan mesin. Dengan istilah wajarnya saat angkatan motor lebih cenderung berdengung karena roda akan dapat berputar pada saat 2500-4000 rpm, tergantung beban yang yang dimiliki.

Dari perbedaan yang dimiliki pada kedua jenis motor diatas, dapat kita cermati bahwa motor matic akan lebih tepat dan sesuai bagi pengendara yang lebih fokus pada kenyaman dan flesibilitas. Sedangkan bagi pengendara yang lebih memfokuskan pada efisiensi bahan bakar dan kesesuaian dalam berbagai aspek dasar dalamberkendara lebih tepat jika mereka menggunakn motor bebek. Semua hal tersebut tergantun pada pengendara atau pengguna demi kenyamanan masing-masing.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga KTM Duke 250 2018