Pilih Radiator Aluminium Vs Tembaga? Bagus Mana?

Radiator Aluminium Vs Tembaga? Bagus Mana?

Radiator Aluminium vs Tembaga

Radiator Aluminium vs TembagaPilih Radiator Aluminium Vs Tembaga? Bagus Mana?

Sahabat otomotif, sebelumnya saya telah membahas tentang perbandingan radiator aluminium dan tembaga, kali ini saya akan mengutarakan lebih lanjut mengenai salah satu komponen system pendingin mobil yang sangat penting dan merupakan komponen yang harus diperhatikan dengan baik.

  • Mengapa Kendaraan Sekarang Kebanyakan Menggunakan Radiator Aluminium?

Dalam era baru ini banyak keluaran mobil yang dilengkapi dengan system pendingin mobil dengan radiator aluminium, beberapa pabrikan kendaraan khususnya untuk mobil penggunaan radiator aluminium ini bertujuan selain menekan harga atau efisiensi cost yatu untuk memapas bobot supaya lebih ringan. Pantas saja sih kareha harga tembaga 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan harga aluminium.

  • Lalu apakah perbedaan radiator aluminium dan tembaga?

Dalam beberapa kasus banyak pertanyaan yang menyebutkan bahwa apakah perbedaan radiator aluminium dengan tembaga ini jawabanya hanya bahanya saja yang berbeda. Tidak ada perbedaan spesifik selain perbedaan dari bahan yang digunakan. pada kasus ini sering membuat para pengendara yang akan memerlukan penggantian sparepart system pendingin mobil ini.

  • Lalu Radiator mana yang lebih awet atau tahan lama?

Dengan spesifikasi bahan yang berbeda ini tidak terlalu banyak memberikan factor manakah jenis yang lebih awet atau mana yang gampang cepet rusak, akan tetapi tergantung akan pemeliharaan masing masing pemilik mobil. asalakan memiliki perawatan yang bagus, menggunakan air radiator yang selalu direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan yang kita beli, pasti akan bertahan lama atau lebih awet. Jadi tidak menjadi patokan mana yang tahan lama atau lebih awet mana selain tergantung sendiri kepada pemeliharaan kita.

  • Bagaimana cara memelihara radiator agar tetap awet sehingga selalu menjaga suhu mesin?

Sesuai pengalaman saya , selalu pakailah air radiator (coolant) yang berkualitas, banyak dulu yang sering bilang kepada saya ada yang bilang bagus menggunakan air AC, Menggunakan Air @qua, semua itu telah saya coba dengan mobil kesayangan saya yaitu honda city z dan yang paling benar adalah menggunakan air radiator (coolant),

pengalaman ini benar-benar sengaja saya alami sendiri bahwa sebelum saya menggunakan air radiator coolant di mobil saya. Saya menggunakan adalah air @qua. Apa yang terjadi selama tiga bulan menggunakan ini. Yang ada adalah cepat terjadi pengapuran dan setiap max 4 bulan sekali saya harus kuras dan bersihin radiator di bengkel. tidak berbeda saat saya mencoba menggunakan air AC, karena saya menggunakan tipe radiator tembaga entah mengapa selalu cepat kotor dan dengan waktu yang sama maximal 4 bulan saya harus service radiator tersebut.

Akhirnya setelah saya memutuskan di service dan kuras radiator terakhir saya memutuskan menggunakan air radiator coolan yang berkualitas menurut saya yaitu Pr3stone Coolant yang berwarna hijau, akhirnya selama 2 tahun ini saya belum di paksa untuk service radiator kembali.

Baca Juga: Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil dan Fungsi Evaporator

  • Radiator aluminium atau tembaga yang lebih bagus dalam hal melepas panas?

Dalam hal ini sering di pertanyakan manakah yang lebih baik dalam hal melepas panas apakah aluminium atau tembaga, berikut di bawah adalah keterang yang saya dapat dari literature tentang sifat logam yaitu:

Keunggulan bahan alumunium:

– Mudah melepaskan panas ke udara sekitar
–  Ringan

Kelemahan bahan alumunium:

– Susah untuk menghantarkan panas jika terlalu tebal

Keunggulan bahan tembaga:

– Sangat baik dalam menghantarkan panas
– Mudah menyerap panas dari sumber panas

Kelemahan bahan tembaga:

–  Lebih berat dari alumunium
–  Susah untuk melepaskan panas ke udara sekitarnya

Keterangan di atas bahwa untuk dalam hal melepaskan panas yang lebih baik adalah yang berbahan aluminium. Dengan kesimpulannya adalah yang lebih baik adalah aluminium. Akan tetapi jangan khawatir sahabat otomotif semua. Tak perlu mengganti aluminium yang sebelumnya menggunakan radiator berbahan tembaga. ini yang terpenting adalah ikutu petunjuk buku manual dan lakukan service berkala secara rutin, maka kendaraan anda akan selalu terjaga dan pastinya akan lebih awet dan nyaman di kendarai.

Berikut adalah tutorial cara repair radiator tembaga.

Baca Juga: Cara Kerja Thermostat Pada Sistem Pendingin Mobil