Antivirus Terbaik Untuk PC atau Laptop Anda

Antivirus Terbaik Antivirus Terbaik

Tahukah Anda apabila virus selalu menjadi masalah akut, terutama bagi Anda yang menggunakan perangkat PC alias komputer atau laptop anda harus memiliki AntiVirus Terbaik. Terlebih lagi, berbagai jenis virus, termasuk malware, kini terus mengalami pertumbuhan. Jadi, tentu saja Anda selalu membutuhkan penangkal yang dikenal sebagai antivirus.

Jika Anda sudah memilikinya, tetapi komputer atau laptop Anda masih rentan atau telah terinfeksi virus, artinya Anda belum menggunakan antivirus yang tepat. Karena itu, pastikan untuk menggunakan antivirus yang tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi antivirus PC terbaik yang harus Anda instal pada PC atau Laptop Anda, diantaranya yaitu :

1. AVAST Antivirus Free

Avast adalah salah satu antivirus terbaik dan paling populer karena terbukti mampu menyembuhkan PC dari berbagai malware hingga serangan hacker.

Berbagai macam fitur dalam antivirus ini termasuk CyberCapture dapat membersihkan ancaman, WiFi Inspector untuk mengamankan jaringan WiFi, Game Mode yang mengatur notifikasi, fungsi Smart Scan untuk mendeteksi ancaman keamanan dan perisai Perilaku sebagai pengawas aplikasi.

2. AVG Antivirus Free

Antivirus yang paling setara dengan Avast adalah AVG, bahkan beberapa tes laboratorium mengatakan bahwa AVG berada di atas Avast.

Fitur keamanan dengan Avast tidak jauh berbeda. Namun, ada sejumlah perbedaan antara Avast dan AVG. AVG mendukung perlindungan terhadap pencurian data dan Penghancur File, fitur yang tidak bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan Avast.

Keuntungan lain adalah Anda tidak perlu mendaftar atau memberikan informasi pribadi apa pun ke AVG. Berbeda dengan Avast yang mengharuskan Anda untuk mengaktifkan produk sebelum tiga puluh hari digunakan dengan mengisi pembayaran kartu kredit.

3. Norton Antivirus Basic

Agar komputer tidak diserang oleh virus dan malware berbahaya, Anda dapat menggunakan antivirus ini, namanya Norton AnVirus Basic. Meski berbayar, kualitas yang ditawarkan Norton AntiVirus Basic sepadan dengan perlindungan yang diberikan.

Program Norton AntiVirus Basic menyediakan beberapa opsi bagi mereka yang ingin komputer mereka lebih terlindungi, salah satunya adalah Pemblokir URL. Dengan Pemblokir URL, Anda dapat memblokir situs mencurigakan aneh agar tidak terbuka secara otomatis saat menjelajah. Jika ada virus atau malware yang menembus keamanan Norton, Norton akan secara otomatis memantau aktivitas program. Jika Anda mulai melakukan tindakan berbahaya, Anda akan segera dikarantina. Dan pemberitahuan bahaya akan muncul, memperingatkan pengguna.

4. Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus merupakan antivirus yang menggunakan komputasi awan agar dapat melindungi sebuah komputer, sehingga juga mengurangi kebutuhan untuk pembaruan program serta pemindaian urutan sistem.

Berdasarkan tes yang dilakukan oleh AV-Test, Panda Antivirus mendapat skor rata-rata dalam hal mendeteksi virus dan ancaman lainnya. Selama instalasi, program ini akan segera melakukan pemindaian sistem untuk memastikan komputer Anda terlindungi dengan segera.

Secara umum, Panda Free Antivirus adalah program antivirus yang bagus. Dari proses instalasi, pembaruan, hingga pemindaian sistem, prosesnya cukup cepat. Sayangnya, dalam tes lain, Panda memberi beban signifikan pada kinerja sistem.

5. Microsoft Windows Defender (Aplikasi Standar)

Microsoft Windows Defender adalah Anti-Virus standar pada sistem operasi Microsoft Windows. Berbeda jauh dengan Microsoft Windows Defender yang digunakan oleh Windows 7, sejak Windows 8.1 telah rilis maka Microsoft Windows Defender sudah cukup kuat untuk melindungi komputer Anda dari serangan berbagai virus.

Oh iya, untuk mendapatkan semua fitur Microsoft Windows Defender, Anda tak perlu khawatir membayar ekstra karena fitur ini sudah terintegrasi dengan lisensi Microsoft Windows yang Anda beli. Perangkat keras yang diperlukan sangat cocok dengan perangkat keras yang diperlukan oleh versi sistem operasi Windows yang Anda gunakan. Apabila Anda ingin mengaskses Anti-Virus ini, silahkan  dapat melalui Control Panel>>System and Security.

6. Kaspersky Total Security

Kaspersky telah dipercaya sebagai antivirus terbaik selama bertahun-tahun. Dan kali ini, pada tahun 2019, banyak orang mempercayakan keamanan komputer mereka menggunakan Kaspersky Total Security. Sayangnya, hanya pengguna Windows yang dapat menikmati fasilitas yang disediakan oleh Kaspersky Total Security.

Beberapa fitur di Kaspersky Total Security mulai seperti drive-by cryptomining infection, automatic scans dan juga security management. Kaspersky Total Security dapat memfilter web apa pun yang ingin Anda kunjungi dan apa yang tidak Anda kunjungi. Situs web mencurigakan, dapat Anda blokir menggunakan Kaspersky. Virus yang ingin masuk ke komputer akan diblokir oleh Kaspersky dan dikarantina. Tampilan user interface yang sederhana, membuat Kaspersky mudah digunakan untuk segala usia.

7. Bitdefender Antivirus Free Edition

Antivirus yang diciptakan oleh perusahaan Rumania ini juga memiliki berbagai macam fitur canggih yang dapat melindungi perangkat komputer dan laptop Anda dari berbagai virus, jadi tidak berbeda jauh lah dengan Avast.

Fitur Bitfender termasuk pemindaian virus sesuai permintaan sebagai penghancur semua jenis virus (malware, trojan, ransomware, dll). Fitur anti-phishing feature dapat melindungi akun online, fungsi deteksi perilaku untuk memantau aplikasi dan Anti-fraud untuk mengawasi situs yang Anda kunjungi.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Gratis Pembersih Komputer dan Laptop Terbaik

8. F-Secure Antivirus SAFE

F-Secure Antivirus SAFE dapat digunakan oleh siapa saja, baik itu pengguna Android, Windows, Mac atau iOS. Agar Anda bisa mendapatkan F-Secure Antivirus SAFE ini, Anda harus merogoh kocek (memasukkan tangan ke dalam kantong)cukup dalam. Dengan semua fitur yang dimiliki F-Secure Antivirus SAFE, antivirus ini menjamin bahwa komputer Anda akan aman dari ancaman virus.

Ada 3 fitur luar biasa yang ditawarkan oleh F-Secure Antivirus SAFE yaitu  family rules, Browsing and banking protection dan ransomware. Anda yang aktif berbelanja online, ingin membuat batasan apa pun berdasarkan usia, dan perlindungan terhadap ransomware, F-Secure Antivirus SAFE dapat diandalkan. F-Secure Antivirus SAFE juga memiliki device finder yang dapat membantu Anda melacak ponsel cerdas Anda yang hilang, menguncinya serta menghapus data penting di dalamnya apabila diperlukan.

9. Avira Antivirus

Avira merupakan leader lain dalam keamanan PC. Didirikan pada tahun 1986, Avira telah menjadi solusi keamanan praktis dalam hal ransomware, malware, spyware dan phishing. Buktinya, Avira telah diunduh lebih dari 500 juta kali.

Secara keseluruhan, Avira memiliki penampilan yang bersih dan nyaman untuk dilihat, dengan tombol yang jelas dan tertata rapi. Tidak hanya itu, Anda juga diberikan beberapa opsi penyelesaian ketika menemukan file yang dicurigai sebagai malware. Tidak seperti kebanyakan antivirus lain yang segera memblokir file yang mencurigakan tanpa persetujuan pengguna.

10. Sophos Home

Tidak seperti antivirus lain, Sophos Home adalah antivirus yang tidak hanya melindungi laptop atau PC pribadi Anda, tetapi semua penghuni rumah. Antivirus gratis ini dapat melindungi semua perangkat komputer dari serangan virus dan malware yang membandel.

Selain itu, Sophos Home juga dapat memblokir situs berbahaya saat Anda melakukan aktivitas berselancar di dunia maya. Antivirus yang tepat untuk komputer berbasis Windows dan Mac OS ini dapat melindungi hingga 10 perangkat sekaligus.

Itulah beberapa antivirus terbaik untuk PC atau Laptop Anda yang bisa digunakan. Anda juga dapat memilih antivirus yang paling tepat untuk PC atau laptop Anda serta dijamin akan lebih aman dari berbagai virus. Semoga bermanfaat!

Penulis

SoftwareTempur