5 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop

Tekno

by MarahmeraH 60 views

5 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop - Wireless Fidelity merupakan jaringan nirkabel yang menghubungkan dengan akses internet. Kebanyakan laptop yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan adapter WiFi sehingga kini Anda sudah bisa terkoneksi secara langsung dengan internet. Ini merupakan sebuah perubahan besar dimana awalnya harus menggunakan modem atau LAN agar dapat tersambung dengan internet. Pasalnya…

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop - Wireless Fidelity merupakan jaringan nirkabel yang menghubungkan dengan akses internet. Kebanyakan laptop yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan adapter WiFi sehingga kini Anda sudah bisa terkoneksi secara langsung dengan internet. 

Ini merupakan sebuah perubahan besar dimana awalnya harus menggunakan modem atau LAN agar dapat tersambung dengan internet. Pasalnya, anda tidak perlu lagi repot untuk mengatur kabel LAN maupun menggunakan modem USB lagi jika ingin menggunakan wifi.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop pekerjaan yang sangat mudah, namun pastikan anda sudah mengetahui password wifi tersebut agar dapat disambungkan di Laptop anda. 

Ada beberapa cara mengaktifkan WiFi di laptop kesayangan Anda, dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, antara lain:

  1. Mengaktifkan WiFi dengan menekan tombol WiFi yang tersedia di laptop.
  2. Menggunakan tombol Fn.
  3. Melalui Windows Mobility Center.
  4. Melalui adapter WiFi.
  5. Instal wireless driver

Semua cara tersebut dapat Anda gunakan sesuai dengan brand laptop yang Anda miliki karena biasanya setiap laptop memiliki sistem yang berbeda-beda. Selain brand, Anda juga perlu memperhatikan type windows yang dipakai mengingat sistem operasi juga sangat mempengaruhi sukses tidaknya cara yang kami ulas dalam artikel ini.

Menggunakan Tombol WiFi

Cara Mengaktifkan Wireless di laptop

Melalui tombol WiFi yang tersedia merupakan cara mengaktifkan WiFi di laptop yang pertama dan termudah. Anda hanya perlu untuk menekan tombol tersebut yang mana tombol ini biasanya berada di atas atau di samping tombol power, dengan dilengkapi lampu indikator sebagai pertanda aktif atau tidaknya. 

Untuk mematikannya juga dengan cara yang sama yaitu dengan menekan tombol tersebut. Akan tetapi, tidak semua laptop dilengkapi dengan tombol WiFi. Oleh karenanya, Anda harus memastikan ada tidaknya tombol WiFi di laptop yang Anda miliki.

Menggunakan Tombol Fn

Wireless button Fn

Jika cara yang pertama tidak jadi, karena tidak adanya tombol WiFi di laptop, maka Anda tidak perlu khawatir. Cara kedua ini bisa membantu Anda mengaktifkan WiFi yaitu dengan melalui tombol Fn di keyboard. Laptop yang Anda miliki tentunya terdapat tombol function dengan berbagai fungsi yang dikombinasikan dengan tombol Fn. 

Tombol-tombol function biasanya berada di atas tombol angka dengan kode F1 sampai dengan F12. Untuk bisa mengaktifkan WiFi, Anda hanya perlu menekan tombol Fn dengan tombol functionsecara bersamaan. Tombol function yang harus Anda tekan adalah tombol yang menunjukan gambar Wifi, misalnya F12. 

Pastikan bahwa tombol Fn masih berfungsi, kemudian pastikan tombol function sudah sesuai. Setelah itu Anda hanya perlu menekan tombol Fn dan F12 secara bersamaan. Untuk mematikannya pun sama dengan menekan kedua tombol tersebut. Jika Fn tidak berfungsi, maka Anda cukup menekan tombol F12 selama beberapa detik.

Tombol function yang berfungsi menghidupkan WiFi, terkadang dilengkapi dengan lampu indikator, ada juga laptop yang tidak dilengkapi lampu indikator. Jika tidak ada lampu indikator, maka cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui WiFi aktif atau tidak dengan mencoba browsing sesuatu di google.

Melalui Windows Mobility Center

Windows Mobility Center

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan jika kedua cara di atas belum bisa dilakukan yakni melalui windows mobility center. Windows Mobility Center merupakan bagian dari microsoft windows yang berisi kumpulan informasi dan tata cara pengaturan dengan komputasi via seluler.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tipe windows yang saat ini digunakan. Mengapa demikian? Karena setiap windows mempunyai cara pengaturannya sendiri. Berikut ini cara mengaktifkan WiFi di laptop berdasarkan tipe windowsnya:

Windows 7

Windows type ini adalah windows type lama dan jarang yang menggunakannya. Akan tetapi, jika Anda masih menggunakan windows 7, langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Klik tombol “Start” pada menu taskbar di sebelah pojok kiri bawah.
  • Pilih “Control Panel”.
  • Pilih opsi “Adjust Commonly Used Mobility Setting”.
  • Kemudian, muncul berbagai ikon seperti volume, WiFi, dan lain sebagianya.
  • Anda harus klik gambar dengan ikon WiFi, pilih “Turn Wireless On”..
  • Lihat bagian taskbar di sebelah pojok kanan, jika muncul ikon WiFi berarti WiFi sudah bisa digunakan.

Windows 8 

Pada windows 8, cara menghidupkan WiFi berbeda dengan windows 7. Windows 8 telah memiliki cara yang lebih praktis yakni sudah muncul di bagian taskbar sebelah kanan dengan ikon WiFi. Apabila belum muncul, Anda perlu mengaksesnya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Arahkan kursor ke bagian kanan layar, hingga muncul “charm bar”.
  • Pilih menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih opsi “Change PC Settings”.
  • Selanjutnya pilih menu “Network” .
  • Dan yang terakhir pilih menu “Wireless Device” dengan opsi “WiFi”. Namun, sebelumnya pastikan mode pesawat laptop Anda telah dimatikan.

Windows 10 

Untuk type windows ini memang windows dengan sistem yang lebih mudah dibandingkan kedua type windows di atas. Anda cukup melihat di bagian taskbar pojok kanan bawah. Di bagian tersebut sudah terdapat ikon WiFi, Anda cukup mengklik ikon tersebut dan pastikan mode pesawat telah dimatikan.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Gratis Pembersih Komputer dan Laptop Terbaik

Melalui Adapter WiFi

On off wireless Laptop

Jika ketiga cara di atas belum juga bisa mengaktifkan WiFi, maka cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan adapter WiFi. Perlu Anda ketahui, jika hampir semua laptop sekarang telah dilengkapi dengan adapter WiFi untuk semua jenis windows yang Anda gunakan pada laptop kesayangan Anda.

Adapun langkah-langkahnya:

  1. Klik “Start” pada bagian taskbar sebelah pojok kiri bawah, lalu pilih menu “Control Panel”.
  2. Pilih menu “Network and Internet”, lalu pilih opsi “Networking and Sharing Centre”.
  3. Kemudian pilih opsi “Change Adapter Settings”.
  4. Selanjutnya temukan ikon WiFi lalu klik kanan, kemudian pilih “Enable”.
  5. WiFi sudah bisa digunakan.

Instal Wireless Driver

Install Wireless Driver

Jika keempat cara sudah dilakukan, tapi WiFi belum aktif, maka hanya satu cara mengaktifkan WiFi di laptop Anda. Mungkin saja laptop Anda belum terinstal Adapter WiFinya. Maka langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh driver di website vendor laptop.

Caranya yakni klik “Start”, pilih “Control Panel”, pilih “Hardware and Sound”, kemudian pilih opsi “Device Manager”. Selanjutnya pilih adapter wireless yang Anda gunakan dengan cara klik kanan, lalu pilih “Update Drive Software” dan kemudian pilih “Search Automatically”. Tunggu beberapa saat hingga windows siap menginstal di laptop Anda.

Itulah beberapa cara mengaktifkan WiFi di Laptop Anda dengan mudah dan aman. Anda dapat mencoba salah satu cara yang sudah dijelaskan di atas, selamat mencoba

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Downloa / Update