6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download/Update

Tekno

by MarahmeraH 55 views

6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download/Update Bagi para pengguna ponsel android jika ingin mendapatkan aplikasi maupun game dapat mengunduhnya langsung dari aplikasi playstore. Play Store dikenal karena menyediakan beragam aplikasi dan game dari yang gratis maupun berbayar (premium). Hal ini juga yang membuat android disukai banyak orang karena banyak fitur yang ditawarkan. Serta pengguna android lebih fleskibel karena android dikembangkan bebas…

Bagi para pengguna ponsel android jika ingin mendapatkan aplikasi maupun game dapat mengunduhnya langsung dari aplikasi playstore. Play Store dikenal karena menyediakan beragam aplikasi dan game dari yang gratis maupun berbayar (premium). Hal ini juga yang membuat android disukai banyak orang karena banyak fitur yang ditawarkan. Serta pengguna android lebih fleskibel karena android dikembangkan bebas secara open source.

Hal bagusnya sistem operasi android ini di backup sendiri oleh raksasa Google. Sehingga tak perlu diragukan lagi kecanggihan dan keamanannya. Meski begitu, android juga tidak terlepas dari berbagai permasalahan pada sistemnya.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada pengguna android adalah tidak bisa mendownload aplikasi maupun game dari play store ataupun download menjadi lebih lama dengan tidak ada progress sama sekali.

Kabar baiknya error ini dapat kamu selesaikan secara mudah karena telah banyak tutorial yang telah mengulasnya. Nah karena itu dalam artikel ini akan dibahas lengkap cara mengatasi play store tidak bisa download aplikasi / game atau melakukan update.

Dalam artikel ini admin akan mengurutkan dari cara menyelesaikan permasalahan yang paling mudah hingga sedikit agak rumit. Simak langkah berikut ini :

1.Cek Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek koneksi internet di hp kamu.  Pastikan ponsel android kamu masih memiliki paket data untuk mendownload aplikasi dari play store. Meski terbilang sepele banyak yang mengalami hal ini karena ketidaksediaan data internet. Jika kamu menggunakan Wi-Fi, cobalah untuk mengecek apakah bisa untuk melakukan aktivitas internet seperti browsing atau streaming.

2.Restart Perangkat Ponsel

Setelah mengikuti langka awal tadi namun kamu tetap tidak bisa mendownload di playstore. Cobalah merestart perangkat android kamu dengan cara :

  • Tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 3 detik.
  • Pilih menu "restart" pada pop up yang muncul

Baca Juga : Inovasi Teknologi Tepat Guna Untuk Manusia

3.Stop Semua Progress Download

Pada update terakhir Google Play, Play store akan mendownload aplikasi sesuai urutan. Jika kamu mensetting update aplikasi pada android secara default. Secara otomatis aplikasi Google akan mengupdate aplikasi sehingga bisa menumpuk hingga puluhan aplikasi dalam antrian update.

Hal inilah yang bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa mendownload aplikasi di play store dan terkadang menjadi pending. Berikut langkah – langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Jalankan Google Play Store
  • Dan pilih tanda garis tiga
  • Kemudian pada "Updates"
  • Jika ada aplikasi yang sedang mengupdate kamu cancel saja.

4.Bersihkan Cache dan Data pada Google Play Store

Membersihkan cache dan data pada Google Play Store merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah di play store. Hampir semua error dapat di atasi dengan cara sederhana ini. Berikut langkah cara untuk membersihakan cache dan data pada play store. Berikut langkah – lagkah membersihkan cache dan data android :

  1. Pergi ke menu "Setting" pada perangkat android kamu.
  2. Pilih "Apps & notifications"
  3. Scroll sampai kamu menemukan aplikasi "play store"
  4. Pilih "Storage"
  5. Pilih "Clear Storage" dan "Clear Cache".

Lakukan hal ini satu per satu pada perangkat androidmu. Hal ini akan membersihkan cache dan data pada play store. Sekarang cobalah melakukan update / download lagi aplikasi yang ingin kamu dapatkan di play store.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Gratis Pembersih Komputer dan Laptop Terbaik

5.Menghubungkan Kembali Akun Google

Cara ini sebenarnya hanya mengeluarkan akun google lalu menyambungkannya lagi. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu coba:

  • Pergi ke menu "Settings"
  • Pilih "Accounts" dan pilih "Google Account"
  • Pilih "Remove Account".

Hal ini akan membuat kamu keluar dari akun google. Setelah itu kamu hanya perlu menyambungkannya lagi.

  • Kembali ke menu "Account" pada langkah b
  • Scroll dan cari tulisan "Add Account" dan masukkan kembali akun Google kamu.

6.Factory Reset

Setelah semua cara sebelumnya dicoba tetapi tetap saja tidak bisa, factory reset adalah langkah terakhir yang bisa kamu coba. Setelah factory reset hp kamu akan menjadi seperti settingan baru lagi sehingga semua error dan permasalah gagal download pada playstore akan terselesaikan.

Ingat factory reset juga akan menghilangkan data internal hp/ponsel kamu sehingga kamu harus membackup/memindahkan file dalam ponsel. Langkah – langkah melakukan factory reset :

  • Pergi ke menu "Settings"
  • Pilih "Backup dan Reset"
  • Pilih "Factory Reset"
  • Tunggu sampai proses selesai

Setelah kamu mengikuti langkah di atas, cobalah untuk mendownload ulang aplikasi yang kamu mau di play store. Demikian artikel tentang 6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download / Update. Silahkan share artikel ini ke temanmu agar lebih bermanfaat.