7 Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Untuk SEO

Google Webmaster Tools Untuk SEO

Google Webmaster Tools Untuk SEO

Menurut Google sendiri, Google Webmaster Tools (GWT) bukanlah alat untuk SEO. Mereka juga mengatakan di blognya bahwa mereka bukan tim Search Engine Optimizer.

Tetapi sebenarnya alat ini memiliki beberapa kegunaan yang bisa kita manfaatkan. Walau pun alat ini tidak selengkap milik SeoMoz tetapi secara penilaian pribadi ada beberepa tools di sini yang sudah cukup membantu.

Berikut fitur-fitur favorit saya di sana, yang saya gunakan untuk membuat blog ini “sehat”

1. Mencari 404 Page (Broken Links)

Sebuah halaman 404 page muncul karena tidak ada halaman untuk sebuah URL yang diminta. Webmaster Tools akan menunjukkan kepada Anda halaman apa yang tidak ditemukan oleh laba-laba Google. Kenapa 404 Page muncul? Alasan umumnya karena posting tersebut mungkin sudah Anda hapus, tetapi ada halaman lain yang mengelink ke situ. Atau mengubah Url halaman tersebut tanpa melakukan redirection.

Untuk menemukan URL yang mengakibatkan error tersebut (404 Page), Anda bisa mengeklik [Liputan] > [Dikecualikan] > [Soft 404]. Di sana Anda akan diberi alamat URL yang error. Jika Anda mengeklik URL itu, maka Anda diberi informasi detail kesalahan yang terjadi, di peta situs mana, dan ditaut dari halaman apa. Kemudian perbaiki halaman tersebut. dengan membuat pengalihan 301 ke url yang sehat

2. Cek Backlinks Profile

Tidak dapat diragukan lagi bahwa Google Webmaster Tool adalah alat gratis terbaik untuk mengecek profile backlink Anda. Jika Anda takut akan dampak Penguin, Anda bisa mengevaluasinya dari backlink yang Anda peroleh.

Siapa yang Mengelink?

Mengetahui siapa yang memberi link ke blog Anda bisa sangat berguna. Ini akan berguna memeriksa berapa jumlah domain yang mengelink situs Anda, dan berapa jumlah setiap domain melinking. Dua hal tersebut bisa menjadi indicator keberhasilan Anda. Anda juga bisa melihat perkembangan yang Anda dapatkan setiap bulannya.

Halaman Apa yang Mereka Link?

Anda pasti ingin mengetahui halaman mana yang diberi backlinks oleh situs lain. Itu akan membantu kita mengetahui efektifitas bagaimana Anda mempengaruhi orang lain untuk memberi Anda hadiah link. Sebagai contoh, saya mengetahui bahwa orang lebih banyak memberi link ke halaman yang membahas tentang SEO yang berisi video. Jadi ke depannya saya bisa mempertimbangkan untuk membuat video yang lebih menarik lagi, agar mendapatkan backlink sukarela dr mereka.

Anchor Teks Yang Mereka Gunakan

Banyak orang yang mengatakan bahwa anchor teks adalah factor paling penting (dari sekian banyak) bagaimana sebuah halaman menduduki peringkat bagus di mesin pencari. Jadi penting bagi Anda mengetahui apa kata/frase yang digunakan sebagai anchor teks. Hal itu bisa kita gunakan bagaimana kita mengontrol anchor teks yang masuk agar tidak terkena penalti.

3. Mengetahui Performa Kata Kunci

Dengan mengeklik [Kinerja] > [Kueri Penelusuran] Anda bisa mendapatkan data posisi rata-rata kata kunci Anda, RKT dan jumlah klik yang Anda dapatkan.

Fitur ini akhir-akhir ini sering digunakan oleh para SEO, sebagai data pembanding untuk kata kunci (not provided) di Google Analytics. Sayangnya, kata kunci di situ bukan bersifat pengganti dari (not provided). Dan data itu tidak seakurat di Google Analytics – karena diambil dengan cara berbeda.

Tetapi bagi saya itu sudah cukup untuk mengetahui bagaimana keberhasilan Anda memperebutkan kata kunci, dan berapa kira-kira kata kunci itu memberikan Anda traffic.

4. XML Sitemap

Sebuah website harus memiliki sitemap. Karena dengan sitemap Anda bisa memberi tahu mesin pencari semua halaman yang Anda punya. Dan karena Anda ingin website Anda diindeks mereka.

Ya, Google tidak memberi garansi bahwa semua halaman yang Anda punya akan terindeks jika Anda mengirimkan sitemap ke GWT. Tapi pengalaman membuktikan, dengan mengirim sitemap sebuah situs akan lebih cepat diindeks.

Tetapi membuat sitemaps akan menjadi pekerjaan yang rumit, khususnya jika Anda membuat sitemap khusus untuk video, gambar, berita, atau untuk kategori tertentu. Untuk memastikan sitemap Anda dibuat dengan benar, apa cara yang lebih baik untuk mengeceknya selain melalui mata Google sendiri?

5. Melacak Duplikat Konten

Berbicara tentang duplikat konten, berapa orang yang mengatakan kepada Anda bahwa Anda harus menulis artikel yang unik? Tenang, dengan GWT Anda bisa menemukan duplikat konten dengan mudah. Anda bisa menemukannya dengan mengeklik [Liputan] > [Dikecualikan] > [Duplikat, URL yang dikirim tidak dipilih sebagai versi kanonis].

Jika Anda bingung bagaimana mengatasinya, Anda bisa dengan mengganti duplikat konten tersebut dengan mengeditnya di postingan blog.

6. Cara Dari Google Webmaster Tool sendiri

Ya, mereka (Google Webmaster) juga punya video berjudul Using Webmaster Tool Like an SEO. Perhatikan kata “Like” di situ yang berarti seperti. Anda bisa mengabaikannya atau tetap menganggapnya sebagai alat SEO.

7.Disavow Links

Jika Anda pernah mendapatkan serangan spammer, semisal ada yang mengelink ke situs Anda dengan skala besar dengan waktu singkat (menurut pengalaman pribadi jenis link seperti ini adalah backlink jelek), alat ini bisa membantu Anda mengatasinya.

Semisal Anda mendapatkan link dari website A, kemudian Anda ingin mereject link itu. Tentu saja jika Anda mempunyai alasan tertentu melakukannya. Beberapa webmaster pernah mengatakan melihat pesan dari Tim GWT berbunyi “unnatural link” di dashboard Google Webmaster. Biasanya itu karena Google berhasil menemukan bukti bahwa Anda melakukan praktek tukar link, link berbayar, atau mungkin praktek lain yang melanggar panduan kualitas web Google.

Karena link adalah faktor kuat bagi mesin pencari untuk menghasilkan hasil pencarian. Jika tidak hati-hati, maka performa posisi kata kunci yang Anda bidik akan turun.

Anda bisa melihat dan memulai analisis dengan mengeklik, [Lalu Lintas] > [Tautan Ke Situs Anda]. Jika Anda mempunyai akses ke open site explorer, lakukan analisis dari sana. Atau alat-alat SEO lain yang Anda punya.

Selalu hati-hati menggunakan alat SEO. Saya juga melihat adanya resiko lain menggunakan alat ini, resiko itu adalah dengan menggunakan alat ini, Anda mengaku bahwa Anda pernah melakukan praktek membangun link yang tidak alami.

Tetapi nilai positifnya (manfaat, red) Anda sudah bisa menebaknya. Saya tidak ingin mengucapkannya berkali-kali, karena mungkin Anda bosan mendengarnya.

Bagaimana menurut Anda? Bagaimana cara Anda menggunakan Webmaster untuk SEO?

Penulis

WhyCom