Tips Mobil Diesel Commonrail habis Solar (Anginan) | MarahmeraH.Com

Tips Mobil Diesel Commonrail habis Solar (Anginan)

Fuel Filter Assy

MarahmeraH.Com – Mesin diesel merupakan mesin paling irit dalam penggunaan bahan bakar. Oleh karena itu jaman sekarang ini semakin dikembangkan untuk produksi mobil dengan mesin diesel ini. Bayak berbagai kalangan dari tua atau muda mulai beralih memebeli atau memelihara mobil dengan mesin diesel ini.

Mesin diesel kehabisan bahan bakar menyebabkan mesin mati mendadak. Karena di saluran bahan bakar yang akan menuju ke system injeksi kemasukan anginan. Kal ini akan membuat system pembakaran tidak akan terjadi.

Kejadian ini biasa di sebut mekanik bengkel system distribusi bahan bakar mesin diesel anginan. Mesin diesel anginan ini terjadi karena ujung saluran bahan bakar pada tangka bahan bakar tidak terendam oleh solar, sehingga saluran bahan bakar bercampur dengan udara. Biasanya ini terjadi pada pengendara yang lupa untuk mengintip indicator bahan bakar atau jarak yang memaksakan tidak menemukan SPBU.

Mesin diesel commonrail pada umumnya ada yang menggunakan system distribusi bahan bakar dengan menggunkan pompa di dalam tangki. Sistem ini digunakan pada contohnya Ford Ranger.

Untuk beberapa varian dari mesin diesel Toyota system distribusi bahan bakar solar ini menggunakan system vacuum seperti contohnya Kijang Innova Diesel, Toyota Hilux,dan Toyota Fortuner Diesel. Sistem ini memenfaatkan kevacuman untuk menghisap bahan bakar dari tangka bbm.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

LALU BAGAIMANA CARA IDENTIFIKASI MESIN DIESEL MATI MENDADAK KARENA KEHABISAN SOLAR?

Jika anda pemakai mobil diesel jika terjadi mogok secara mendadak dijalan. Jangan panik dulu, Karena itu  bisa Karena hanya kanginan atau kehabisan solar. Berikut adalah cara mengetahui mobil diesel mati mendadak Karena kehabisan solar.

  1. Cek Indikator bahan bakar habis atau tidak, pastikan indicator ini berjalan dengan baik atau tidak problem. Jika memang benar benar dalam keadaan jarum indicator di E paling mentok maka dipastikan bahan bakar solar memang habis. Karena banyak pengalaman bahwa mati mendadak Karena solar habis akan tetapi jarum indicator solar masih belum E, Jika memungkinkan epas selang yang masuk ke commonrail dan starter.
    Jika tidak keluar solar dipastikan bahan bakar solar habis. Untuk itu jika hal ini terjadi jangan terus menerus starter mobil anda Karena akan membuat Aki anda soak. Untuk lebih pastinya sih segera hubungi bengkel langganan anda pertolongan pertama apa yang harus dilakukan.
  2. Jika terjadi macet dijalan yang memungkinkan solar habis lakukan hal hal berikut:
Priming Pump saat Mobil Diesel Habis Solar

Fuel Filter Assy

    • Pompa solar pada Priming Pump (gambar ), jika saat dipompa tidak ada tekanan seperti kosong berarti solar habis atau sebalknya jika saat dipompa memiliki tekanan kemudian sambal di starter mesin hidup dalam beberapa menit saja artinya solar habis dan pastinya sudah anginan.
  • Buka Selang Fuel Filter Assy dari Tangki

     

    • Dengan cara cabut selang bahan bakar menuju kefilter kemudian coba di hisap, jika terasa tidak ada tekanan dan kadang ada tekanan maka solar habis dan sudah anginan

Baca Juga : Fungsi Komponen Komponen Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

TIPS MOBIL DIESEL COMMONRAIL HABIS SOLAR

Setelah beberapa tips dilakukan dan dipastikan penyebab mobil diesel mati mendadak karena kehabisan solar, berikut beberap tips untuk  cara menghidupkan mesin diesel masuk angin atau kehabisan solar, agar anda terselamatkan dari mogok yang dihasilkan Karena gegara persoalan yang seharusnya mudah.

Jangan langsung panik ada beberapa tips pertolongan pertama untuk membantu anda menghidupkan mesin diesel anda yang mati secara mendadak. Berikut Tips mobil diesel habis solar :

  1. Jangan starter mobil diesel anda secara terus menerus Karena hanya akan mengakibatkan aki drop bahkan soak. Jika anda memiliki AKI tidak dalam keadaan prima janganlah menyalakan lampu hazard, pasanglah lampu emergency untuk menggantikan penerangan yang berlebih.
    Setelah di isi dengan solar kembali, starter mobil anda dengan cara berkala secara konstan jangan di paksa terus menerus sampai mobil diesel anda nyala kembali.
  2. Jika Setelah diisi solar mesin diesel anda masih susah untuk hidup kembali, lakukan priming pump atau tekan pompa yang terdapat diatas filter solar. (lihat Gambar Priming Pump) sampai terdapat tekanan pada saat pemompaan dilakukan. Pompa Priming Pump memerlukan waktu tertentu Karena untuk membuang udara yang masuk ke selang distribusi bahan bakar solar. Setelah dirasa cukup starter mobil anda dengan cara berkala hingga mesin diesel anda hidup kembali.

Demikian tulian blog otomotif MarahmeraH.Com tentang innova diesel mati tiba-tiba karena kehabisan solar, atau toyota fortuner diesel habis solar, serta toyota hilux diesel habis solar  terima kasih.

Salam Otomotif