Umur Normal Ban Mobil, Yang perlu di ketahui

Umur Normal Ban Mobil, Yang perlu di ketahui

Umur Ban Mobil

Umur Normal Ban Mobil – Ban mobil merupakan salah satu part mobil yang sangat penting untuk di perhatikan keadaanya. Ban mobil mempunyai peran penting dalam laju kendaraan, yang pastinya akan berhubungan erat dengan keselamatan pengendara maupun penumpang di dalam kendaraan tersebut. Banyak diantaranya kasus kecelakaan di jalan dengan ban bocor, ban selip, bahkan ban pecah saat kendaraan di pacu dengan kecepatan tinggi.

Umur Ban MobilPerlu di perhatikan jika keadaan ban sudah buruk atau sudah kadaluarsa akan memberikan akhibat dalam perjalanan yang sangat membahayakan. Jika memang keadaan ban sudah tidak baik, atau bahkan expired, segeralah lakukan penggantian. Banyak pertanyaan mengenai berapakah normal umur ban mobil? Dan kapan mobil perlu dilakukan penggantian ban?

Umur Ban Mobil dan Faktor yang Mempengaruhinya

Banyak pabrikan ban mobil yang menyatakan bahwa umur ban mereka yang di produksi bisa maksimal mencapai lebih dari 5 tahun bahkan ada yang berani claim produksi ban mobil mereka dapat mempunyai umur sampai 10 tahun, seperti michelin tanpa perlu penggantian jika keadaan ketebalan batikan masih layak.

Ban mobil sangat berpengaruh terhadap beberapa faktor yakni:

  • Faktor kondisi jalan sangat menentukan dan mempengaruhi umur ban mobil anda. (kondidi terik sehingga aspal terlalu panas, jalan terbuat dari batu cor, banyak berlubang, dan masih banyak faktor lainya).
  • Faktor dari intensitas pemakaian mobil anda tersendiri, semakin mobil atau kendaraan anda digunakan maka akan semakin cepat umur ban mobil anda, sehingga semakin cepat melakukan penggantian ban.
  • Harga ban yang murah, biasanya di produksi dengan kualitas karet yang kurang bagus.
  • Kebiasaan mengemudi yang ugal ugalan juga akan membuat kondisi ban semakin cepat memburuk.
  • Kesalahan dalam melakukan balancing dan spooring, sehingga terkadang jika salah akan termakan sebelah sehingga habisnya ban tidak merata.
  • Faktor cuaca (cuara yang kadang panas terlalu terik,dingin atau sering terendem air saat kebanjiaran) juga akan memepengaruhi faktor usia ban

Kesimpulan dari beberapa faktor yang mempengaruhi umur ban mobil anda adalah umur ban tidak hanya berpatokan kepada usia ban itu sendiri. Akan tetapi kita harus sering memperhatikan keadaan ban apakah masih layak untuk di pakai atau sudah selayaknya diganti baru.

Baca Juga: Apa Perbedaan Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Plus?

Ciri-Ciri Harus Ganti ban

Lalu ciri-ciri apa saja yang memperlihatkan bahwa ban mobil kita perlu dilakukan penggantian? Simak beberapa tips untuk menentukan kapan harus dilakukan penggantian ban mobil kendaraan anda di bawah ini.

1. Usia Ban sudah lebih dari 5 tahun.

Walaupun banyak pabrikan yang mengclaim bahwa produksi ban mereka mampu bertahan hingga lebih dari 5 tahun alangkah baiknya anda tetap mengganti ban anda jika sudah melewati umur 5 tahun dari pembuatan, karena untuk memastikan bahwa tidak akan terjadi apa apa saat kita berkendara dengan mobil tersebut.

2. Jika Kondisi Ban sudah retak-retak.

Banyak diantara ban yang masih memiliki kulit yang tebal akan tetapi mengalami retak-retak pada bagian sisinya, bahkan terkadang jika kualitas ban jelek dan penggunaan di cuaca atau keadaan yang tidak baik keretakan ini hampir bisa terdapat diseluruh sisi ban. Jika tidak ingin pecah ban di perjalanan segeralah ganti jika ban anda sudah dalam keadaan seperti ini.

3. Terdapat Benjolan Pada Ban

Jika ban sudah terdapat benjolan segeralah ganti baru, karena biasanya benjolan ini terjadi karena serat atai kawat ban sudah putus sehingga karet akan mengembung tidak sesuai dengan strukture ban. Selain cuaca yang sangat terik biasanya ini terjadi pada mobil atau kendaraan yang sering di gunakan pada jalan yang banyak berlubang dan mobil yang sering parkir atau tidak sering digunakan dan kondisi parkir ditempat yang panas.

4. Ban sudah Gundul

Untuk ciri yang terakhir ini sudah sewajibnya untuk dilakukan penggantian, selain sudah tipis dan rawan pecah juga sudah licin untuk digunakan karena cengkraman terhadap permukaan jalan sudah tidak bagus. Maka segeralah ganti dengan ban yang baru.

Baca Juga: Fungsi Damper Shock Mobil, Apakah Perlu?

Tips Saat Mengganti Ban Baru Mobil anda

  • Jangan mengganti ban setengah-setengah artinya gantilah keempat roda ban anda. Secara bersamaan lebih baik.
  • Jangan menggunakan merek yang berbeda-beda.
  • Isi tekanan ban anda yang sesuai secara berkala.
  • Rotasilah ban anda secara berkala supaya keausan ban lebih merata.

Berikut pembahasan kali ini mengenai umur normal ban mobil semoga bermanfaat… Salam

Baca Juga: Rincian Apa yang Harus Anda Berikan Untuk Harga Asuransi Mobil